Home Palu

SNPDB MAN IC Palu Telah Dibuka

29
Soim Anwar. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Palu, Soim Anwar mengungkapkan, saat ini telah dibuka Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) 2021 jalur tes dan jalur prestasi, sosialisasi dimulai pada 4 Januari hingga 10 Februari 2021.

“Pendaftaran (online) jalur tes dimulai dari 11 Januari sampai 11 Februari 2021, sementara pendaftaran (online) jalur prestasi dimulai dari 11 Januari  sampai 6 Februari 2021,” kata Soim.

Menurut Soim, MAN IC Palu sendiri adalah salah satu madrasah unggulan Kementerian Agama Republik Indonesia yang beralamat di Jl. Bukit Tunggal, Mamboro, Palu Utara, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

“Pada 2016 tepatnya 18 Juli , MAN IC Kota Palu resmi beroperasi menjalankan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang diawali dengan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang dihadiri langsung oleh Dirjen Pendis Kementerian Agama Republik Indonesia, Prof Kamaruddin Amin, MA, didampingi oleh Kasubdit Kurikulum Dirjen Pendis Kemenag RI, Drs. Syafii dan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, H. Muh. Junaidi serta seluruh siswa dan orang tua wali,” jelasnya.

Kata Soim, adapun status Penegrian MAN Insan Cendekia Kota Palu diresmikan langsung oleh Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Syaifudin, pada 23 Agustus 2016 di Pontianak Kalimantan Barat.

“Madrasah ini bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi tinggi akan ilmu pengetahuan maupun teknologi dan sejalan dengan keimanan maupun ketakwaan, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Selain itu kata Soim, selama kurun waktu empat tahun, MAN IC Palu telah mencetak sejumlah prestasi, baik di tingkat lokal, nasional, bahkan internasional, terutama di bidang sains.

“MAN IC Palu merupakan lembaga pendidikan formal yang berusaha menghidupkan ruh dan nuansa pesantren dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan keagamaan yang bersifat umum yang meliputi pelaksanaan salat berjamaah, mengucapkan salam, dan berbudaya akhlaqul karimah, sehingga tercipta suasana kehidupan yang islami di lingkungan kampus yang diperlihatkan dengan perilaku ikhlas, sederhana, ukhuwah, mandiri, dan kebebasan berkreasi,” katanya.

Selain itu, kata Soim, karena menggunakan sistem boarding school (siswa tinggal di asrama) dan siswa jauh dari orangtua, maka dibuat Program Guru Asuh, yaitu seorang guru mempunyai 5-10 siswa asuh. Dalam program ini, seorang guru “menggantikan posisi orang tua” selama siswa di asrama.

“Program ini diarahkan agar guru dapat membantu memecahkan berbagai masalah yang dihadapi siswa terutama yang berkaitan dengan masalah akademik, sosial, dan kepribadian,” ujarnya.

Sistem ini kata Soim, membuat orang tua peserta didik merasa anaknya tetap dalam pengawasan dan bimbingan, sekalipun bukan orang tua langsung yang mengawasi, namun guru sebagai perwakilan orang tua.

“Karena tinggal di dalam asrama, maka selama 24 jam pola pembinaan siswa dapat dimaksimalkan. Adapun program-pogram keasramaan yakni Kultum Bahasa Arab, Kultum Bahasa Inggris, Tahfizh Al- Qur’an, Tahsin Qira’at, Pembacaan Maulid Barzanji dan Ratibul Haddad, Qira’at Qabla Naum, serta Kajian Kitab Aqidatul Awam, Safinatun Najah, Hadits Arba’in An- Nawawi, Ta’lim Muta’allim, dan Riyadhus Shalihin,” jelasnya.

Soim mengatakan, dengan pola pembinaan tentunya akan membentuk peserta didik yang memiliki kualifikasi tinggi akan ilmu pengetahuan maupun teknologi , dan sejalan dengan keimanan maupun ketakwaan, sebagaimana tujuan terbentuknya MAN IC itu sendiri. Bahkan kegiatan ekstrakurikuler di MAN IC Palu begitu banyak, diantaranya adalah olahraga (Futsal, Bola Basket, Bulu Tangkis, Sepak Takraw, Shorinji Kempo, Bola Voli, Tenis Meja), IPTEK (Karya lImiah Remaja, Robotik, Pembinaan OSN dan KSM), Bahasa (English Club, Arabic Club, Japanese Club, Jurnalistik, Mading, Puisi), Seni dan Budaya (Hadrah, Marawis, Qasidah, Zafin, Kaligrafi, Tilawah, Tartil Qur’an, Marching Band), Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (Pramuka, PMR, UKS, OS5, Paskibraka).

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas