Home Sulteng

Sulteng Siap Vaksinasi Nakes

19
dr I Komang Adi Sujendra. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • 11.000 Dosis Vaksin Covid Tiba di Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 11.000 dosis vaksin Covid-19 sudah tiba di Sulteng pada Selasa 5 Januari 2021 pagi. Vaksin tahap pertama selanjutnya akan didistribusi ke semua kabupaten dan kota.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulteng, dr I Komang Adi Sujendra, mengatakan, sesuai petunjuk pusat, vaksinasi tahap pertama disuntikkan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan dilanjutkan ke petugas pelayanan publik seperti ASN, TNI/Polri dan guru. Setelah itu barulah ke masyarakat umum yang diawali para lansia (lanjut usia).

“Tapi belum kami tahu kapan mulai menyuntikkan karena masih menunggu perintah dari pusat,” ucap Adi.

Adi menerangkan jumlah Nakes sekitar 22.100 orang (bukan 19.144 seperti diberitakan kemarin). Mereka tersebar di kabupaten/kota di Sulteng. Masing-masing akan menerima vaksin sebanyak dua dosis dengan penyuntikkan dua tahap.

“Kalau 11.000 dosis dibagi masing-masing dua dosis masih sedikit yang bisa divaksin,” terangnya.

Vaksin rencananya akan dikirim ke Sulteng sebanyak tiga tahap setelah usai vaksinasi pertama. Tahap kedua diagendakan pada April mendatang dengan kuota dosis yang belum diketahui.

Saat ini, vaksin yang telah tiba di Palu disimpan di Instalasi Farmasi Dinkes Provinsi Sulteng Jalan Undata. Dari Bandara Sis-Aljufri, vaksin diangkut menggunakan mobil box dengan pengawalan ketat oleh aparat kepolisian setempat.

Penyaluran untuk kabupaten/kota di Sulteng juga masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat. Nantinya, pembagian jatah vaksin didasarkan tingkat atau zona penyebaran virus corona di kabupaten/kota.

Adi menyebut tenaga kesehatan untuk menyutikkan vaksin telah mengikuti pelatihan secara virtual. Olehnya diharap para Nakes yang ditunjuk harus siap dan melakukan tugas sesuai SOP.

“Sudah ada pedomannya dan telah mengikuti pelatihan, tinggal pelaksanaan saja,” tandasnya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas