Home Morowali

Morowali Lakukan Vaksinasi Mulai 20 Januari

40
Ashar M Maruf. (Foto: Metrosulawesi/ Murad Mangge)

Morowali, Metrosulawesi.id – Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah (Dinkes, PP-KB) Kabupaten Morowali akan menjadi sebaga dinas pelaksana teknis pada kegaitan pemberian vaksinasi Covid-19 di daerah Morowali.

Kepala Dinkes, PP- KB Morowali Ashar M Ma’ruf mengemukakan, berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah menanggulangi Covid-19 yang saat ini merupakan wabah nasional. Salah satu upaya lagi yang akan ditempuh pemerintah yakni dengan memberikan vaksin ke masyarakat.

“Untuk saya tidak ada keraguan lagi dengan vaksin tersebut. Karena vaksin itu telah butuh kajian dan analisa oleh Biofarma dan Balai Pengawasan Obat dan Makanan (Balai POM),” terang Ashar, Selasa 5 Januari 2021.

Ashar mengatakan khusus tenaga kesehatan daerah Kabupaten Morowali akan mulai divaksin pada tanggal 20 Januari. Setelah itu, disusul akan ada dari tenaga kesehatan yang sudah divaksin memberikan testimoninya.

“Perihal dilakukannya testimoni itu sebagai upaya kita untuk memberi kepercayaan dan keyakinan kemasyarakat,” katanya.

Ashar menegaskan adapun nantinya masyarakat yang tak bersedia atau menolak divaksin, maka semua kembali kepada daerah atau pemerintah Pusat mengeluarkan kebijakannya. Karena dalam kegiatan vaksin ini Dinkes, PP dan KB Morowali sebagai pelaksana teknis.

“Di sini kami hanya sebatas melaksanakan progres vaksinasi itu. Tapi ketika ada persoalan penolakan, maka itu bukan wewenang Dinkes, PP dan KB mengeluarkan kebijakan,” urainya.

Semua kegiatan daerah dalam menanggulanggi atau penanganan wabah yang sifatnya nasional, seperti Covid-19 saat ini, maka harus mengikuti aturan yang di keluarkan Kementerian Kesehatan (Kememkes) dan Presiden selaku Kepala Negara.

“Kita sebagai warga Negara, maka kita wajib dan patuh mengikuti aturan yang ada,” tandas Ashar menambahkan.

Diawali Nakes dan TNI-Polri

Roland Franklin. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

SEMENTARA itu, dari Sigi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sigi, Roland Franklin mengatakan siap melakukan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sigi. Untuk melakukan vaksinasi pihaknya telah melakukan pelatihan maupun persiapan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya.

Berbagai persiapan yang dilaksanakan seperti kecukupan sarana dan prasarana vaksinasi, penyiapan sumber daya manusia (SDM) dan pendataan tempat yang akan melakukan vaksinasi. Selain itu, pihaknya juga tengah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin yang akan didistribusikan diwilayah itu.

“Pemkab Sigi sudah melakukan tahapan-tahapan dari bulan November diawali dengan sosialisasi pelaksanaan vaksinasi kemudian pelatihan-pelatihan melalui Dinas Kesehatan Provinsi, hingga peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM), jadi ketika vaksin tiba di Sigi, kita sudah siap untuk melaksanakan,” kata Roland Franklin, Senin, 4 Januari 2020.

Roland mengatakan tenaga kesehatan (nakes) baik dokter maupun perawat dan TNI-Polri akan menjadi prioritas untuk mendapat vaksin tersebut.

“Vaksinasi akan dilakukan disejumlah Puskesmas di Kabupaten Sigi. Vaksinasi akan dilakukan bertahap, yang pertama divaksin itu tenaga kesehatan,TNI-Polri kemudian yang rentan terpapar Covid,” jelasnya.

Meski demikian kata Roland, pihaknya masih menunggu jadwal dari Dinas Kesehatan Provinsi, kapan vaksin Covid-19 itu akan didistribusikan di Sigi. Untuk diketahui kasus Covid-19 di Kabupaten Sigi terus bertambah. Data per 4 Januari 2021, total angka konfirmasi positif 149 kasus, dengan rincian 21 dirawat atau isolasi, 122 sembuh dan 6 meninggal dunia.

Reporter: Murad Mangge, Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas