Home Pendidikan

Mekanisme PPDB Masih Akan Digodok

29
Irwan Lahace. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah, Irwan Lahace mengungkapkan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) masih akan digodok di tingkat Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS).

“Yang jelas sesuai aturan PPDB SMA itu diberlakukan sistem zonasi, sementara untuk SMK tidak dibatasi dengan zonasi,” kata Irwan, melalui ponselnya, Selasa, 5 Januari 2021.

Menurut Irwan, meskipun waktu PPDB belum diketahui, namun mekanismenya tentunya sesuai aturan yang berlaku.

“Nanti dari MKKS yang rumuskan, berdasarkan itu baru akan kita buatkan Pergubnya,” ungkapnya.

Selain PPDB kata Irwan, pembelajaran tatap muka di 2021 ini telah disampaikan melalui Surat Edaran (SE) Gubernur diputuskan untuk ditunda.

“Kita akan melihat perkembangan, jika misalnya tren kasus Covid-19 masih meningkat, tentunya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring masih akan dilaksanakan,” ujarnya.

Irwan mengatakan, tingkat risiko provinsi Sulteng itu sesuai grafis masuk urutan ke-8 secara nasional, meskipun angka kesembuhan cukup tinggi.

“Tetapi Pak Gubernur tidak mau mengambil risiko, karena ini demi keselamatan semua warga sekolah, baik itu siswa, tenaga pendidik, maupun kependidikan. Bahkan saya juga berkomunikasi dengan teman-teman Kadis di kabupaten/kota, mereka semuanya sepakat apa yang dilakukan ini,” katanya.

Kata Irwan, sekolah diharap khususnya jenjang SMA/SMK dan SLB yang berada di bawah naungan Disdikbud Sulteng untuk mengikuti SE Gubernur.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas