Home Ekonomi

Selama 2020, Penjualan Motor Tiga Roda Anjlok Hingga 75%

32
Pemilik Diler Kaisar Cabang Palu, Christian. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Akibat pandemi covid 19 yang melanda pekonomian Indonesia khususnya di Kota Palu, membuat penjualan motor tiga roda dari beberapa produk dinyatakan anjlok selama periode 2020.

Demikian diungkapkan Pemilik Diler Kaisar Cabang Palu, Christian usai ditemui Metrosulawesi di showroomnya Jalan Sis Al Jufrie, Kecamatan Palu Barat, Kota Palu, Senin (4/1/2021).

Menurutnya, hal tersebut berbanding terbalik dengan penjualan produk kendaraan roda tiga pada tahun sebelumnya yang bisa memasarkan 100 unit dalam setahun.

“Tapi adanya corona semua merasakan dampaknya. Tahun 2020 saja kita hanya bisa jual 24 unit atau menurun sampai 75%,” ungkapnya.

Dikatakan, hancurnya pangsa pasar dan lemahnya daya beli masyarakat disebabkan dari kebijakan keringan kredit yang juga ikut berpengaruh terhadap penjualan kendaraan roda tiga.

“Kita berharap tahun 2021 penjualan naik, tidak muluk-muluk kalau boleh optimis 48 hingga 50 unit cukup lumayan untuk sekelas motor seperti ini,” harapnya.

Ia menjelaskan harga berbagai produk roda tiga dijajakan kisaran Rp30 juta sampai dengan Rp33 juta. Namun, ia mengaku saat ini masih menjadi tantangan mempromosikan.

“Pasalnya, banyak masyarakat menilai produk ini masih kalah dengan yang lain.

Meski demikian, kami akui tantangan itu justru menjadi motovasi untuk terus gencar memperkenalkan produk ini,” katanya.

Bahkan, ia mengklam bahwa brand roda tiga seperti Viar dan Kaisar tidak kalah dengan produksi perusahaan otomotif lainnya yang menjadi pemain di segmen niaga atau pelaku usaha.

“Kami akan coba mengubah mindset masyarakat yang hanya mengenal motor tiga roda sebagai kendaraan usaha, namun kami ingin menyasar semua segmen,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana

Ayo tulis komentar cerdas