Home Sulteng

Arus Balik Libur Nataru Lancar

15
LANCAR - Arus lalu lintas di wilayah Kota Palu terpantau lancar pada Senin, 4 Januari 2021. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Sumarno: Belum Ada Laporan Lakalantas

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulteng, Sumarno, mengungkapkan arus balik dalam rangka libur natal dan tahun baru (Nataru) lancar. Puncak arus balik telah berakhir pada Minggu, 3 Januari 2020.

“Alhamdulillah, sampai sekarang belum ada laporan kecelakaan (lakalantas). Secara umum semua angkutan lalu lintas lancar. Kemarin saya cek di Pantoloan aman, terminal juga tidak ada masalah,” ungkap Sumarno, Senin, 4 Januari 2021.

Dia menyebut pelaku perjalanan libur Nataru kali ini turun drastis dibanding tahun lalu atau 2019. Hal ini diyakini dampak pandemi virus corona (Covid-19) yang masih merebak di Sulawesi Tengah.

“Tapi kalau dibanding hari biasa ada peningkatan sedikit, tapi tidak sampai 10 persen,” ucap Sumarno.

Sumarno mengatakan pihaknya akan tetap berposko dalam rangka pengamanan libur Nataru sampai 8 Januari. Posko ditempatkan di terminal, pelabuhan, dan bandara di kabupaten/kota se-Sulteng.

“Posko terdiri atas unsur keamanan, perhubungan, dan personel dinas perhubungan untuk mengantisipasi adanya gangguan supaya cepat komunikasi dan penyelesaiannya,” ujarnya.

Dikatakan, posko pengamanan mulai didirikan mulai H-7 hingga H+7 libur Nataru tahun 2021. Pelaku perjalanan libur Nataru di Sulteng masih didominasi jalur darat dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Posko pengamanan didirikan sampai H+7 karena diperkirakan masih ada pelaku perjalanan libur Nataru. Posko pengamanan serupa rutin dilakukan dalam rangka perayaan hari besar keagamaan.

“Mudah-mudahan sampai tanggal 8 (Januari 2021) tidak ada masalah, terutama kecelakaan,” pungkas Sumarno.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas