Home Palu

2021, Rencana KKN Untad Lima Kali

21
PELASAPAN ONLINE - Perwakilan mahasiswa Untad yang mengikuti KKN bertajuk Peduli Covid-19 dilepas secara online menggunakan aplikasi zoom oleh Wakil Rektor Untad Bidang Akademik, Dr. Lukman Najamuddin, dampak pandemi virus corona tahun lalu. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Koordinator Pusbang Pengabdian dan KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Untad, Dr Nawawi, mengungkapkan sepanjang tahun 2021, pihaknya berencana akan melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebanyak lima kali.

“Program KKN empat kali setahun, plus satu cadangan saat semester antara. Jadi perkiraan kita lima kali, tapi yang sudah wajib empat,” ungkap Nawawi, Senin, 4 Januari 2021.

Dia menerangkan dalam satu semester, program KKN dilaksanakan sebanyak dua kali. Kuota yang ditetapkan berbeda dalam setiap pelaksanaan. Untuk KKN semester antara biasanya dilaksanakan pada Agustus-September.

Karena masih pandemi, Untad mengutamakan penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan KKN. Untad tidak mengingini ada klaster baru penyebaran Covid-19 dari pelaksanaan KKN.

Sebelumya diberitakan, Untad memastikan tetap akan melaksanakan KKN untuk tahun 2021. Koordinator Pusbang Pengabdian dan KKN Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Untad, Dr Nawawi, mengungkapkan pihaknya segera menentukan sistem KKN.

“Insyaallah, segera kami tentukan. Mungkin dalam bulan ini (Januari),” ungkapnya kepada Metrosulawesi, Minggu, 3 Januari 2021.

Dia mengatakan penentuan sistem KKN akan mengacu dari perkembangan pandemi virus corona (Covid-19) di daerah ini. Adapun sejak pandemi pada 2020, pelaksanaan KKN Untad sudah menerapkan sistem online. Mahasiswa ber-KKN di tempat domisili masing-masing.  Mahasiswa tak lagi ditempatkan ke suatu wilayah. Masing-masing melaksanakan KKN dari tempat tinggal. Tujuannya untuk memutus penyebaran covid-19.

“Kami akan rapat dulu dengan pimpinan universitas,” ujar Nawawi.

Nawawi mengatakan, saat bersamaan pihaknya juga akan segera membuka pendaftaran KKN angkatan 93 pada Januari ini. KKN 93 akan dibuka dengan kuota sekitar 1.000 lebih.

“Kalau yang KKN reguler pelaksanaannya tetap satu bulan. Kita rencanakan mulai turun pada Februari 2021,” tandas Nawawi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas