Home Morowali

Sejumlah Bangunan IMIP, Kantor, SD dan Rumah Warga Rusak

22
RUSAK - Salah satu bangunan di Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, mengalami kerusakan akibat gempa bumi yang terjadi Senin (4/1/2021) dini hari. (Foto: Ist)
  • Pasca Gempa Bumi Melanda Morowali  Senin Dini Hari

Morowali, Metrosulawesi.id Sejumlah bangunan dan lapak di Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah,  mengalami kerusakan, akibat gempa bumi berkekuatan 3,6 sampai 4,9 magnitudo, Senin 4 Desember 2021, dini hari. Meski merusak sebagian bangunan, dilaporkan tidak ada korban jiwa.

@infoBMKG, menyebutkan   gempa bumi  terjadi di Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah. berpusat di darat. Pusat gempa berada di darat 4 km tenggara Bahodopi.

BMKG melaporkan gempa itu terjadi pada Senin (4/1) pukul 01.27 WIB. Titik koordinat gempa terjadi pada 2,82 Lintang Selatan dan 122,15 Bujur Timur. Gempa memiliki kedalaman 16 km. Gempa dirasakan dengan skala II MMI di Morowali.

Kapolsek Bahodopi, IPTU Zulfan SH, dalam laporannya, menyebutkan akibat gempa bumi tersebut, mengakibatkan beberapa bangunan kantor, rumah kos, lapak dagangan dan rumah masyarakat mengalami kerusakan.  Selain itu,  sebagian masyarakat yang tinggal di Wilayah Kecamatan Bahodopi, mengungsikan diri ke tempat yang aman atau ke tempat  dataran tinggi.

Adapun kerusakan yang diakibatkan gempa, jelas Zulfan, diantaranya  Kantor Utama PT. IMIP, mengalami rusak pada bagian dinding, kaca kantor pecah. Lapak Dagangan  (service elektronik milik  Salim (42),  alamat Dusun 4, Desa Fatufia,  mengalami kerusakan bangunan.

Rumah kos-kosan, milik Sudirman (40) dusun V Kurisa, Desa Fatufia, mengalami kerusakan rumah kos-kosan sebanyak 15 petak. Rumah sekaligus kios  campuran milik Marfuat (45),  Dusun Kurisa, Desa Fatufia,  mengalami kerusakan. Krusakan sepuupa juga dialami. Ahmad (38). Kemudian rumah tinggal milik Marhuni (43),  Marhuat, Herdin,  ketiganya  warga 1 Desa Lalampu, mengalami kerusakan rumah.

AMBRUK – Salah satu rumah warga di Bahdopi, Morowali, Sulawesi tengah, mengalami kerusakan sat terjadi gempa bumi, Senin (4/1/2021). (Foto: Ist)

Selain rumah warga, dilaporkan dua sekolah dasar mengalami kerusakan.  SDN 1 Lalalmpu, serta perumahan guru, mengalmi kerusakan  berupa teras retak, SDN 1 Desa Keurea, Plafon ambruk dan dinding serta tiang teras retak.

Ditambahan Zulfan, masyarakat pada saat gempa tersebut terjadi sebagian masyarakat panik dan memilih untuk mengungsikan diri di tempat yang di anggap aman ke   bukit.

‘’Memang sempat mengungsi. Namun saat ini sekitar pukul 15.00 Wita, warga Masyarakat yang sempat mengungsi sudah  kembali ke rumah masing-masing,’’ jelas Zulfan.

Sementara itu, Koordinator Komunikasi dan Hubungan Media PT IMIP, Dedy Kurniawan, menuturkan, meski dilanda gempa, secara umum operasional tidak  terpengaruh. Produksi tetap jalan. Kerusakan ringan hanya terjadi di gedung IMIP  saja. Di beberapa titik ada tembok gedung kantor yang retak, dan satu jendela kaca yang pecah.  (*/rad)

Ayo tulis komentar cerdas