Home Sulteng

Warning! Sulteng Mengkhawatirkan

ILUSTRASI - Prosesi penguburan pasien Covid-19. (Foto: Ist)
  • Hari Ini Minggu (3/1): 67 Positif, 21 Sembuh, 3 Meninggal

Palu, Metrosulawesi.id Warga Sulawesi Tengah (Sulteng) diminta untuk mewaspadai penyebaran virus Corona atau Covid-19, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Warning ini terkait dengan terjadinya lonjakan penambahan kasus baru dalam empat  hari terakhir, yang mencapai lebih dari 390 kasus.

Pemerintah Sulteng melalui juru bicara Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, memaparkan Minggu 3 Desember 2021 ada tambahan 67  pasien baru terkonfirmasi positif virus Corona. Dengan penambahan itu jumlah akumulasi positif Covid-19 di Sulteng, saat ini menjadi 3.750 orang.

Selanjutnya, untuk kasus meninggal dunia, jumlah akumulasinya sebanyak 112 orang, setelah ketambahan hari ini, tiga pasien Covid-19 meninggal. Sedang kasus sembuh dari Covid-19 di Sulteng bertambah 31 orang.

Untuk 31 kasus sembuh ini, berdasarkan hasil laboratoris swab follow up dua kali negatif dan sembuh sesuai Pedoman Revisi 5. Dengan penambahan 31 kasus itu, jumlah akumulasi pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 sebanyak 2.033 orang.

Soal tambahan pasien baru positif, data pada Pusdatina, disebutkan, Kota Palu masih tertinggi jumlah orang terinfeksi virus Corona, yakni 38 orang. Dengan tambahan tersebut, total warga Kota Palu dalam perawatan Covid-19, kini tembus di angka 619 orang.

Tertinggi kedua tambahan pasien baru, berasal dari Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) sebanyak 11 orang. Kemudian disusul Poso sebanyak sembilan orang. Kabupaten Toli-Toli hari ini kemtabahan empat pasien baru positif, Morowali Utara (Morut) tercatat dua orang, serta Donggala, Sigi dan Tojo Una-Una, masing-masing ketambahan satu orang.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Kasus tiga warga Sulteng meninggal akibat terpapar virus Corona, dilaporkan Pusdatina, merupakan warga Kabupaten Poso  dua orang, dan satu orang warga Donggala.           

Pasien Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh, diuraikan Pusadatina, tersebar di empat daerah. Kabupaten Banggai terbanyak pasien sembuh yakni 15 orang, kemudian Kota Palu 11 orang. Sedang Donggala tercatat empat orang, dan Sigi dilaporkan satu pasien Covid-19 telah sembuh,

Kasus sembuh dari Covid-19, data pada Pusdatina, per hari ini Minggu (3/1/2021), tercatat 1.605 pasien. Dua daerah zona merah yakni Kota Palu dan Kabupaten Morowali masih tertinggi jumlah penanganan pasien aktif Covid-19. Kota Palu 619 pasien, Morowali 414 pasien.

Kabupaten Poso menangani 169 pasien, Parimo kini menjadi 100 pasien, Morut 81 pasien, dan Banggai 75 pasien. Selanjutnya, Toli-Toli 42 pasien, Donggala 34 pasien, serta Banggai Kepulauan 24 pasien. Dua daerah yakni Kabupaten Sigi dan Tojo Una-Una masing-masing menangani 23 pasien, dan terakhir Banggai Laut masih menyisahkan satu pasien Covid-19

Sementara itu, jumlah sampel yang ditangani UPT Laboratorium Dinas Kesehatan Sulteng, per hari ini, hingga pukul 16.00 WITA, belum dapat dikonfirmasi. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas