Neng Elly. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pengadaan, Penghargaan dan Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulteng, Hj Neng Elly, menjelaskan tak diusulkannya formasi CPNS guru untuk tahun 2021 karena tidak ada permintaan dari pemerintah pusat.

“Formasi dari pusat memang tidak ada, jadi tidak diusulkan,” ungkap Elly, Rabu, 30 Desember 2020.

Dia mengatakan permintaan untuk rekrutmen guru hanya sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Untuk PPPK, Pemprov Sulteng telah mengusulkan 4.840 formasi.

Sebelumnya diberitakan, BKD Provinsi Sulteng telah mengusulkan formasi ASN sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan PPPK untuk tahun anggaran 2021. Selain formasi guru, melalui perekrutan PPPK diusulkan pula tenaga kesehatan sebanyak 210 formasi. Usulan perekrutan PPPK lainnya untuk tenaga tehnis sebanyak 175 formasi.

Adapun untuk usulan CPNS Pemprov Sulteng tahun 2021 hanya formasi tenaga kesehatan dan tenaga tehnis. CPNS tenaga kesehatan diusulkan sebanyak 167 formasi dan tenaga tehnis 62 formasi.

Elly menerangkan usulan tersebut ditetapkan berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. Pengusulannya telah dilakukan secara online ke instansi terkait sekitar November 2020.

“Tapi kalau usulan PPPK guru baru kemarin kami ajukan karena memang batasnya 31 Desember 2020,” terangnya.

Namun demikian, belum diketahui berapa kuota CPNS dan PPPK yang akan diberikan pemerintah pusat ke Pemprov Sulteng. Pemprov dikatakan masih menunggu penetapan dari pusat.

Demikian pula untuk pengumuman pembukaan rekrutmen CPNS dan PPPK tahun 2021 masih menunggu. Informasi yang beredar terkait rekrutmen CPNS akhir Mei 2021 belum bisa dipastikan Neng Elly.

“Sama sekali belum ada gambaran karena harus informasi yang akurat baru kita berani sampaikan,” tandas Elly.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas