Home Ekonomi

2020, Taspen Palu Salurkan Dana Pensiun Rp84,9 M

22
Pimpinan Taspen Cabang Palu, Rahmat Slamet. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Selama Januari hingga menjelang akhir Desember 2020, PT Tabungan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) Cabang Palu telah menyerahkan dana pensiun kurang lebih sebesar Rp84,9 miliar.

Demikian diungkapkan Pimpinan Taspen Cabang Palu, Rahmat Slamet usai ditemui Metrosulawesi di kantornya Jalan Prof Mohammad Yamin, Kota Palu, Rabu (30/12/2020).

Ia mengatakan bahwa jumlah data keseluruhan pensiunan maupun ahli waris yang ada di kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah tercantum menerima dana tersebut mencapai 32.403 orang.

“Kami siap melayani peserta dan memberikan penghasilan kepada penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua hingga penghargaan atas jasa-jasa Pegawai Negeri selama mengabdi dalam dinas Pemerintah,” katanya.

Sementara itu, saat ini pihaknya juga memudahkan persyaratan kepada peserta maupun calon pensiunan. Di mana hanya cukup datang membawa berkas dan bisa mengakses di website resmi Taspen www.taspen.co.id.

“Adapun yang kendala dalam mengajukan klaim biasanya masalah sepeleh/kecil seperti berkas yang diajukan tidak memiliki stempel basah ataupun pejabat yang bertanda tangan biasanya bukan pejabat yang berwenang,” ujarnya.

Ia menjelaskan edukasi terkait dengan otentifikasi sudah disampaikan oleh Taspen dari tahun 2018 secara continue melalui media social, sosialisasi, maupun Mitra bayar atau bank masing-masing peserta.

“Edukasi ini akan terus dilakukan sampai Peserta familiar dengan otentifkasi tersebut. Kalau mau dibilang masih ada para pensiunan yang belum mengerti dgn sistem otentifikasi. Tapi, kami terus berusaha dalam hal ini,” jelasnya.

Ia menambahkan biasanya peserta di daerah yang kurang mendapatkan akses informasi publik. Untuk itu, Taspen Cabang Palu menjadikan ini sebagai pekerjaan rumah demi melayani para pensiunan.

“Ini juga bagi kami tantangan untuk menjangkau mereka, sehingga mereka mengetahui metode yang lebih mudah dalam mengambil gaji pensiun bulanan,” tambahnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas