Home Ekonomi

BRI Palu Layani 52.870 Penerima BPUM

41
Nasabah maupun penerima BPUM menunggu antrian di kantor BRI Cabang Palu di Jalan Moh Hatta. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Persero Tbk Cabang Palu saat ini melayani kurang lebih sebanyak 52.870 penerima Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM).

Demikian disampaikan langsung Pimpinan PT BRI Cabang Palu, Ekwan Darmawan kepada Metrosulawesi belum lama ini. Ia mengungkapkan bahwa jumlah dana yang akan disalurkan kepada penerima mencapai Rp126.888.000.000

“Kita total ada 35 unit kerja yang terdiri dari 30 BRI unit, 1 kantor cabang utama, dan 4 kantor cabang pembantu yang melakukan pelayanan BPUM. Ini kemungkinan bisa sampai tahun depan penyaluran-nya,” ungkapnya.

Menurutnya, terjadi penumpukan nasabah di setiap kantor BRI Cabang Palu disebabkan karena adanya sebagian penerima BPUM yang hanya sekadar ingin mengecek data. Sedangkan, pihaknya menerima daftar khusus tiga bulan yang terhitung dari Agustus.

“Kita tidak bisa juga salahkan masyarakat, kemungkinan informasi yang mereka terima tidak tersampaikan dengan baik. Makanya resiko terjadi adanya penumpukan. Tapi kita terus upayakan melayani nasabah dengan sepenuh hati,” katanya.

Ia menuturkan bahwa pelayanan BRI Cabang Palu juga dilakukan selama hari libur khususnya pada Sabtu dan Minggu. Hal tersebut sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat yang membutuhkan dana BPUM.

“Terkait itu kita sudah berikan pemahaman  kepada para penerima BPUM. Tapi, namanya juga masyarakat ada yang faham ada pula tidak,” ujarnya.

Ia mengatakan sistem operasional BPUM kemungkinan diubah yang nantinya akn disesuaikan dengan kapasitas masing-masing cabang dan unit BRI. Begitu pula para petugas maupun karyawan yang disediakan.

“Kita lihat saja nanti aturan dari Kanwil seperti apa dan ini tinggal menunggu. Karena rencananya metode penerima dana bantuan tetap harus dilakukan sebab demi menjaga kenyamanan nasabah yang lain dalam bertransaksi,” katanya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas