Home Ekonomi

Telkom Sulteng Dorong UKM Gunakan Platform Digital

24
General Manager PT Telkom Witel Sulteng, Ichwan Muhammadiah. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Guna memasarkan produk lebih efektif, PT Telkom Witel Sulteng hingga kini terus mendorong pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) menggunakan platform digital.

General Manager PT Telkom Witel Sulteng, Ichwan Muhammadiah menjelaskan hal tersebut dilakukan untuk mendukung keberlangsungan bisnis pelaku usaha di tengah pandemi virus corona atau covid-19.

“Memang UKM mempunyai potensi tumbuh selama masa pandemi ini karena adanya perubahan perilaku masyarakat dan orientasi yang memilih beraktivitas dari rumah saat membeli barang yang dibutuhkan sehari-hari,” jelasnya belum lama ini.

Menurutnya, fenomena digitalisasi yang sudah tidak bisa dihindarkan ini menjadi pintu masuk bagi pelaku usaha untuk turut serta memanfaatkan kemajuan teknologi dalam hal proses produksi hingga pemasarannya.

“Ke depannya, kami akan mengembangkan dan menangkap peluang bisnis e-commerce di enterprise market atau transaksi Business to Business (B2B),” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut dia. Telkom bersama delapan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lain aktif menjalankan inisiatif Kementerian BUMN dalam mendukung pemberdayaan pelaku usaha melalui pengembangan program Pasar Digital (PaDi).

“PaDi UMKM merupakan instrumen penggerak ekonomi lokal melalui pemanfaatan aplikasi digital, untuk mengembangkan bisnis dan ekosistem, meningkatkan daya saing bangsa, serta mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional,” jelasnya.

Ia mengatakan, pemanfaatan platform digital saat ini sangat menjanjikan bagi milenial. Sebab, kata dia, hingga kini sangat besar dan bisa dibilang harus terbiasa menggunakan teknologi sehingga lebih cepat beradaptasi.

“Kami pun mengajak seluruh masyarakat agar turut mencintai dan menggunakan produk-produk dalam negeri. Sehingga le depan UKM dapat lebih berkembang lagi,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas