Home Sulteng

KM Cahaya Mandar 03 Tenggelam, 15 ABK Ditemukan selamat

46
ABK SELAMAT - Para ABK KM Cahaya Mandar 03, dievakuasi di Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli, Sulawesi tengah. (Foto: Ist/ Dok. Polsek Dampal Utara)

Tolitoli, Metrosulawesi.id 15 penumpang kapal motor (KM) Cahaya Mandar 03 yang mengalami kecelakaan di Laut Sulawesi, Kabupaten Toli-Toli, ditemukan dalam keadaan selamat, Senin 28 Desember 2020.  Kini para penumpang yang selamat diungsikan ke Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara, Kabupaten Tolitoli.

Para penumpang yang diselamatkan  Zaenal Abidin (60), Randi (18), Aco (16), Rasul (17), Risno (21), Tarjo (19), Ricki (29), Mamat(25),  Syamsuddin (38), Sawal (31),  Udin (26),  Polo (24), Riswan (23),  Supardi (33),  Nawir (25).

‘’Mereka diselamatkan petugas gabungan dan para nelayan. Saat ini mereka dievakuasi di Desa Ogotua,’’ urai Kapolsek Dampal Utara, Iptu Ansari Tolah, dalam siaran pers-nya yang diterima Metrosulawesi.id, Selasa 29 Desember 2020.

Dijelaskan Ansari Tolah, kapal penangkap ikan KM Cahaya Mandar 03, mengalami kecelakaan dihantam gelombang laut di perairan Sulawesi. Akibat dihantam gelombang, mengakibatkan pecah lambung kapal sehingga tenggelam.

EVAKUASI – Fasilitas apung yang digunakan para ABK KM Cahaya Mandar 03, setelah kapal yang ditumpangi tenggelam di perairan Sulawesi. (Foto: Ist/ Dok. Polsek Dampal Utara)

‘’Dari keterangan yang selamat, musibah yang dialami KM Cahaya Mandar 03, terjadi di sekitar 8 mil dari daratan Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara Kabupaten Tolitoli,’’ jelas Ansari Tolah.

Petugas gabungan dan sejumlah nelayan melakukan pencarian kapal yang naas. Sekitar pukul 10.00 WITA, para penumpang yang merupakan ABK KM Cahaya Mandar 03, ditemukan dalam kondisi selamat.

‘’Saat ditemukan para penumpang terombang-ambing dengan dengan menggunakan fasilatas apung seadanya,’’ ujar Kapolsek Dampal Utara, sembari menghimbau kepada para nelayan untuk waspada jika melaut dengan kondisi alam yang kurang bersahabat. (*/edy)

Ayo tulis komentar cerdas