Home Palu

Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, RSU Anutapura Tambah 24 Tempat Tidur

19
drg Herry Mulyadi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu pada 1 Januari 2021 menambah ruangan kurang lebih 24 tempat tidur untuk antisipasi melonjaknya kasus Covid-19. Demikian dikatakan Direktur RSU Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi, di Palu belum lama ini.

“Saat ini ruangan RSU Anutapura sementara dikerja  dengan di skat-skat untuk sefty-nya perawat, dan ini mengunakan anggaran rumah sakit,” kata Herry.

Herry mengaku berinisiatif untuk menambah ruangan karena melihat perkembangan Covid-19 terus naik.

“Sering pasien terkonfirmasi positif ada di bagian UGD di luar menunggu. Kita mau kirim kemana pasien itu sementara full semua ruangan, sehingga saya dengan tim rumah sakit mengambil inisiatif agar ada ruangan baru untuk antisipasi melonjaknya kasus,” ungkapnya.

Selain itu kata Herry, sebenarnya ada beberapa ruangan yang akan direnovasi oleh PUPR, tetapi pihaknya memberanikan diri untuk menghentikan proses renovasi itu, karena mereka melapor akan merenovasi sekitar dua atau tiga ruangan.

“Saya bilang ke mereka laporkan saja ke atasan PUPR pusat, bahwa saya setop renovasi. Karena saya lebih mengutamakan keselamatan pasien yang datang ke rumah sakit, karena kalau tidak ada tempat saya harus bawa kemana, jadi terpaksa saya harus berani berhentikan. Dan persoalan ini saya sudah laporkan ke Pak Wali Kota, dengan alasan saya hentikan proses renovasi sebab tidak ada tempat lain untuk pasien, walaupun sudah ada kontrak,” pungkasnya.

Herry mengatakan, ada sekitar 18 ruangan yang direnovasi oleh PUPR dan sebagian sudah selesai. Namun ada sekitar tiga yang mau direnovasi, tetapi pihaknya setop. Dia menyarankan renovasi dialihkan saja ke ruangan lain yang perlu direnov.

“Ruangan yang akan direnovasi itu saat ini masih ditempati pasien Covid-19 kalau permintaan harus segera dikosongkan, itu tentunya semakin bahaya. Sehingga saya tidak bisa kosongkan mau dibawa kemana pasien itu, jadi saya lebih mengutamakan keselamatan  pasien dari pada proyek itu,” tegasnya.

Herry sangat berharap semua rumah sakit swasta dapat menyiapkan juga tempat-tempat antisipasi apabila kasus Covid-19 melonjak.

“Saya juga berharap kepada masyarakat misalnya ada pesta dan lainya, agar protokol kesehatan dijunjung tinggi,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas