Home Palu

Pelayanan Umum RSU Anutapura Tetap Buka

32
drg Herry Mulyadi. (Foto: Ist)
  • 33 Tenaga Medis Masih Dalam Perawatan

Palu, Metrosulawesi.id – Tenaga kesehatan Rumah Sakit Umum (RSU) Anutapura Palu yang terpapar Covid-19 hingga Minggu, 27 Desember 2020 kemarin mencapai 33 orang. Namun demikian, RSU Anutapura tetap membuka pelayanan umum bagi masyarakat. Hal itu disampaikan Plt Direktur RSU Anutapura Palu, drg Herry Mulyadi. 

“Tenaga Kesehatan yang terpapar tidak menentu, sebab ada yang sudah sembuh ada juga masih menjalani perawatan, sehingga jumlahnya naik turun. Namun untuk saat ini kurang lebih 33 tenaga kesehatan masih menjalani perawatan, termasuk dokter atau ketua Tim Medis Covid-19 di RSU Anutapura,” kata Herry, saat dihubungi Metro Sulawesi, Minggu, 27 Desember 2020.

Menurut Herry, ketua tim medisnya ini terpapar dengan keluarga-keluarganya, bahkan mertuanya belum lama ini meninggal yang dari Morowali, informasi yang diporelahnya bahwa ketua tim medis ini terjangkit dari luar, bukan di rumah sakit.

“Untuk pelayanan umum seperti biasa berjalan lancar, tidak ada yang tutup. Namun jika ada ruangan terkena positif salah satu petugas kesehatan, kita langsung sterilkan kemudian ada tim yang tracking siapa tau ada petugas-petugas lainnya terkena, setelah itu kita swab test. Jika hanya satu yang positif dalam satu ruangan atau poli, pelayanan masih tetap jalan, tetapi jika semuanya positif dalam poli itu kita akan istirahatkan dalam tiga hari, untuk mengkondisikan,” ujarnya.

Misalnya kemarin, kata Herry, pernah Poli Mata, Ruang Bedah, dan Ruang Paru Paru sementara di istirahatkan petugasnya. Dan ini baru pertama kali petugas Covid-19 terkena, karena sebelumnya petugas pelayanan umum itu yang banyak terkena selama ini.

“Tetapi petugas pelayanan umum ini setelah di tracking ternyata mereka terkena dari luar bukan dari rumah sakit,” katanya.

Yang jelas kata Herry, untuk pelayanan umum tetap buka, hanya untuk pelayanan Covid-19 masih diistirahatkan, sehingga untuk saat ini RSU Anutapura belum bisa menerima pasien yang terindikasi Covid-19.

“Kemungkinan nanti Selasa baru kita buka, dengan melihat perkembangan hasil swab tenaga kesehatan kami. Untuk pelayanan kepada pasien yang sudah dirawat tetap dilakukan, hanya saja untuk sementara kami tidak menerima pasien, karena pasien yang datang belum langsung positif masih akan menunggu di swab, jangan sampai petugas kita terkonfirmasi positif masyarakat itu bisa terkena, sehingga untuk saat ini kami belum bisa menerima pasien diduga terpapar Covid-19,” jelasnya.

Herry menegaskan, RSU Anutapura sangat menjaga keselamatan pasien, sehingga untuk sementara menutup menerima ketambahan pasien Covid-19.

“Selain itu kami juga sudah mengambil langkah-langkah perekrutan tenaga baru untuk Tim Covid-19 sebab mereka ini ada SKnya, tujuannya untuk mengganti apabila tenaga kesehatan yang masuk dalam tim itu masih positif,” ungkapnya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas