Home Palu

SMPN 1 Palu Siap Gelar PTM di 2021

28
PROTOKOL KESEHATAN - Kepala SMPN 1 Palu, Hj Farida Batjo, saat mengunakan alat digital termometer, yang merupakan salah satu sapras prokes di sekolahnya, Senin, 21 Desember 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)
  • Meskipun Hanya 40 Persen Orang Tua Setuju

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Negeri 1 Palu, Hj Farida Bajto mengaku sudah siap melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di masa pandemi Covid-19. Kesiapan itu tentunya sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diberikan oleh pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu serta Satgas Covid-19.

“Untuk sarana prasarana pencegahan Covid-19 kami sudah ada, hanya saja ke depannya ini kami tidak ketahui apakah Kota Palu masih zona merah atau tidak. Olehnya itu kesiapan ini harus dimatangkan secara baik,” kata Farida, di ruang kerjanya, Senin, 21 Desember 2020.

Farida mengatakan, jika PTM pada 2021 bisa terlaksana maka pihaknya akan melakukan uji coba dulu, , dari jumlah siswa SMPN 1 Palu sebanyak 1.000 peserta didik, mungkin 400 orang dulu yang masuk mengikuti pembelajaran secara tatap muka di sekolah, selebihnya mengikuti pembelajaran daring.   

“Maka dari itu nanti kita akan bagi menjadi dua shift untuk melaksanakan PTM, dan hal ini sesuai kesepakatan yang ada di dalam rapat bersama MKKS Kota Palu,” ujarnya.

Selain itu, kata Farida, terkait surat pernyataan persetujuan orang tua siswa untuk mengizinkan anaknya mengikuti PTM, dari hasil survei, masih sedikit orang tua yang setuju anaknya masuk mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Hanya sekitar 40an persen orang tua setuju tatap muka, selebihnya sekitar 60 persen daring. Hal ini membuat para dewan guru bekerja keras dalam melayani peserta didik,” jelasnya.

Kata Farida, para guru nanti akan kerja ekstra sebab harus melayani siswa yang tatap muka dan secara daring.

“Namun kami tidak kahwatir sebab ada aplikasi kami yang namanya Learning Managament System (LMS), ini sangat membantu para guru. Jadi tidak lagi melalui zoom tetapi lewat LMS ini siswa bisa diberikan tugas,” ujarnya.

Farida berharap, walaupun masih masa pandemi Covid-19, para siswa harus semangat untuk belajar dan menerapkan protokol kesehatan, serta pola hidup bersih harus tetap dijaga.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas