Home Ekonomi

Realisasi Perumahan Anjlok Terdampak Pandemi

28
Muhammad Rizal. (Foto: Ist)
  • REI Berharap UU Ciptaker Dongkrak Sektor Properti

Palu, Metrosulawesi.id – Realisasi industri properti khususnya perumahan di Sulawesi Tengah sepanjang tahun ini anjlok. Menurut Ketua Real Estate Indonesia (REI) Sulawesi Tengah Muhammad Rizal, realisasi perumahan oleh REI lebih rendah akibat pagebluk.

Rendahnya realisasi properti terutama pada sektor perumahan subsidi. Dari angka yang ditarget sebelumnya sekitar 1.500-2.000 unit di 2020, REI hanya membangun 1.000-an unit rumah subsidi hingga akhir tahun ini.

“Untuk tahun 2020 program rumah subsidi produksi anggota REI Sulteng sedikit lebih rendah karena dua hal. Yang pertama, dampak bencana alam tahun 2018. Yang kedua, pandemi Covid-19,” ungkap Rizal, Selasa 22 Desember 2020.

Selain pandemi yang turut mengganggu sejumlah sektor ekonomi, termasuk sektor perumahan, dampak bencana pada 28 September 2018 juga masih menyisahkan permasalahan yang berdampak pada bisnis properti yang digarap REI Sulteng.

Namun begitu, REI Sulteng masih menyimpan harap pada 2021 bisnis perumahan subsidi bisa kembali menggeliat secara positif.

“Semoga tahun 2021 ini bisa lebih baik dari sebelumnya. Karena program rumah subsidi tetap menjadi program pemerintah,” ujar dia.

Rizal optimistis program penyediaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) pada 2021 akan lebih baik lagi. Mengingat pemerintah telah mengeluarkan regulasi lewat Undang-undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang diyakini mendukung sektor bisnis tersebut.

“Terkait UU (UU Ciptaker) tersebut, diharapkan implementasi bank tanah bisa membantu penyediaan tanah untuk rumah MBR,” terangnya.

Sementara itu, Ketua REI Sulteng sebelumnya Musyafir Muhaimin pernah menyebut target realisasi perumahan di Sulawesi Tengah pada 2021 berada di angka 3.000. Terkait hal itu, Rizal masih ragu apakah target tersebut bisa dicapai oleh REI Sulawesi Tengah di tengah pandemi yang belum usai.

“Akan kita lihat di semester kedua tahun 2021,” sebut Rizal terkait target yang pernah diutarakan oleh Ketua REI Sulawesi Tengah sebelumnya.

Selama ini REI diketahui terus mendorong upaya untuk menopang program penyediaan sejuta rumah oleh pemerintah.

Reporter: Tahmil Burhanuddin
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas