Home Politik

Tiga Paslon di Sulteng Mengugat ke MK

93
Tanwir Lamaming. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Tiga calon kepala daerah pada pemilihan serentak 2020 di Sulawesi Tengah sudah mengajukan Permohonan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP). Gugatan dilakukan terhadap surat keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat tentang penetapan perolehan suara.

“Sampai dengan siang ini, tiga yang sudah mengajukan gugatan ke MK,” ungkap Ketua KPU Sulawesi Tengah, Tanwir Lamaming dikonfirmasi Metrosulawesi, Senin 21 Desember 2020.

Tiga calon kepala daerah tersebut yakni pasangan Herwin Yatim–Mustar Labolo (Pilkada Banggai), Rendy M. Afandy Lamadjido–Hasan Lasiata (Pilkada Tojo Unauna), dan Muchtar Deluma–Bakri Idrus (Pilkada Tolitoli).

Dikutip dari situs resmi MK, Herwin Yatim–Mustar Labolo mendaftar pada Kamis 17 Desember 2020 dengan kuasa hukum Muhammad Rullyandi. Sedangkan Rendy M. Afandy Lamadjido–Hasan Lasiata mengajukan gugatan pada Jumat 18 Desember 2020 dengan kuasa hukum Agus Salim, SH. Adapun Muchtar Deluma–Bakri Idrus didaftarkan dengan kuasa pemohon Rahdityanto Regowo, Wahyudi Jarmanto, dan Alungsyah mengajukan gugatan pada Jumat 18 Desember 2020.

“Tiga itu masih data sementara karena pengajuan gugatan dilakukan 3 kali 24 jam setelah penetapan rekapitulasi perolehan suara,” jelas Tanwir Lamaming.

Jika sampai dengan batas waktu tersebut tidak ada gugatan ke MK maka, KPU provinsi dan kabupaten kota akan menetapkan pasangan calon terpilih.

“Tapi, sebelum penetapan harus menunggu dulu BRPK (Buku Registrasi Perkara Konstitusi) dari MK,” katanya.

Sedangkan bagi daerah yang masuk dalam gugatan PHP di MK, maka harus menunggu putusan dari MK. Daftar pasangan calon yang melakukan gugatan dapat diakses melalui situs resmi MK.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas