Home Politik

Pansus Padagimo Bagi Rekomendasi Dalam Tiga Kategori

23
Ketua Pansus Padagimo, Budi Luhur Larengi (kiri) saat beraada di kantor staf wakil presiden di Jakarta beberapa waktu lalu. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Masa kerja Panitia Khusus Palu, Donggala, Sigi dan Parimo Moutong (Pansus Padagimo) segera menuntaskan masa kerjanya. Kurang lebih satu tahun mengawal proses rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana alam 28 September 2018, kini Pansus bersiap melahirkan sejumlah poin dalam rekomendasinya untuk ditindaklanjuti oleh pemerintah provinsi Sulawesi Tengah, pemerintah Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi dan pemerintah Kabupaten Parigi Moutong serta pihak-pihak terkait.

Ketua Pansus Padagimo, Budi Luhur Larengi beberapa waktu lalu kepada Metrosulawesi mengatakan, Pansus Padagimo akan melahirkan rekomendasi yang dibagi dalam tiga kategori. Pertama kategori untuk ditindaklanjuti kurun waktu tiga bulan yaitu penyelesaian pembangunan Hunian Tetap (Huntap) dan pembayaran stimulan, kedua rekomendasi untuk ditindak lanjuti kurun waktu enam bulan yaitu pemulihan ekonomi, sebab tahun 2021 merupakan tahapan pemulihan ekonomi, dan ketiga kategori dua belas bulan dimana seluruh hasil kerja pansus akan dituangkan didalamnya, dengan harapan rekomendasi tersebut harus selesai paling lama dua belas bulan.

“Pansus Padagimo dalam tahap finalisasi penyusnan rekomendasi. Karena itu kami masih akan melakukan pertemuan dengan pemerintah di Padagimo. Rencanananya akhir masa sidang tahun 2020 Pansus segera menyampaikan rekomendasi dalam rapat paripurna,” ujar Budi Luhur.

Pertemuan dengan jajaran sekretariat wakil presiden beberapa pekan lalu juga menjadi bahan dalam laporan Pansus Padagimo. Meskipun nantinya Pansus sudah tidak dibentuk lagi, nanti fungsih pengawasannya diserahkan kepada komisi masing-masing. Dengan demikian DPRD Sulawesi Tengah tetap mengawal proses rehab rekon, pembayaran stimulan serta pemulihan ekonomi bagi Padagimo.

Politis Golkar itu berharap, apa yang menjadi rekomendasi Pansus Padagimo nanti segera dilakasanakan, khususnya sesuai pembagian yang disampaikan Pansus nanti.

“Tahun depan sudah masuk dalam tahapan pemulihan ekonomi. Karena itu persoalan mendasar harus segera selesai, khususnya Huntap dan pembayaran stimulan,” tandasnya.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas