Home Sulteng

Update Covid-19 Sulteng Hari Ini; 39 Positif, 11 Sembuh, 2 Meninggal

20
ILUSTRASI - Penanganan Covid-19. (Foto: okezone)

Palu, Metrosulawesi.id – Pandemi virus Corona atau Covid-19  belum kunjung mereda di Sulawesi Tengah (Sulteng).  Bahkan otorita setempat melaporkan terjadi lonjakan pasien baru positif Covid-19 asistomatik atau tanpa gejala.

Bertambahnya kasus baru positif ini pun, menjadi pembicaraan warga Sulteng sejak sebulan terakhir.Dilaporkan Pemerintah Provinsi Sulteng, per hari ini Kamis 17 Desember 2020, hingga pukul 16.00 Wita, total warga Sulteng terinfeksi virus Corona kini menjadi 2.609 orang.

Dilansir dari laman Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, yang diterima Metrosulawesi.id dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, disebutkan, tambahan pasien baru terkonfirmasi positif sebanyak 39 orang. Penyumbang terbanyak pasien baru merupakan warga Kota Palu yakni 12 orang.

Kabupaten Morowali sejak sepak menjadi penyumbang terbanyak, hari ini dilaporkan ada tambahan 11 pasien baru, kemudian disusul Kabupaten Poso sembilan pasien dan Kabupaten Banggai tujuh pasien.

Untuk kasus kematian akibat virus Corona, dilaporkan pusdatina, hari ini dua warga Sulteng tutup usia yang sebalumnya terinfeksi Covid-19. Kedua warga yang meninggal itu, adalah warga Kabupaten Banggai dan Kabupaten Morowali. Praktis keseluruhan warga Sulteng meninggal akbat terkonfirmasi positif saat ini, mencapai 91 orang.

Selain tambahan pasien baru dan meninggal dunia, data pada Pusdatina, disebutkan pasien Covid-19 yang telah sembuh saat ini mencapai 1.585 orang, setelah adanya tambahan pasien sembuh sebanyak 11 orang.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Masih data Pusdatina, pasien yang dinyatakanb telah sembuh, terbesar berada di Kabupaten Banggai sebanyak delapan orang. Kemudian disusul Kota Palu, Kabupaten Morowali dan Buol, masing-masing satu orang.

Dengan sembuhnya pasien Covid-19 di Buol, maka saat ini gugus tugas penanganan pandemic Covid-19 di Buol nihil menangani pasien Covid-19.

Sementara itu,  jumlah kamulatip pasien Covid-19 dalam perawatan saat ini mencapai 933 pasien. Kabupaten Morowali dan Kota Palu masih terbanyak menangani pasien Covid-19. Morowali tercatat 334 pasien, Kota Palu 299 pasien.

Selanjutnya Kabupaten Poso menangani 124 pasien, Morowali Utara 62 pasien, dan Banggai dilaporkan menangani 31 pasien. Kabupaten Donggala tercatat pada Pusdatina sebanyak 22 pasien, Toli-Toli 18 pasien, Parigi Moutong 16 pasien, dan Tojo Una-Una 14 pasien. Serta Kabupaten Sigi dan Banggai Kepulauan menangai 11 pasien dan dua pasien.

UPT Laboratorium Dinas Kesehatan provinsi Sulteng, dilapoorkan saat ini masih memproses 380 sampel. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas