Home Donggala

Jumlah Penerima BPUM di Donggala Tak Jelas

36
URUS BERKAS - Masyarakat mengurus proses pencairan dana bantuan usaha UMKM di BRI, 16 Desember 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)
  • 9 Ribu UMKM yang Diusulkan ke Pusat

Donggala, Metrosulawesi.id – Program BPUM (Banpres Produktif Usaha Mikro) telah masuk dalam tahap pencairan di bank BRI. Program ini diperuntukan bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil yang terdampak Covid-19, nilai bantuan sebesar Rp2.400.000. Proses pengusulaannya di Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah.

“Kami hanya sebatas mengusulkan nama ke pemerintah pusat berdasarkan data yang dimasukan warga, tahap pertama pemasukan dokumen sebanyak 2.000 lebih, dan tahap kedua sekitar 6.000 lebih. Hampir 9.000-an lah, yang menentukan menerima atau tidak pemerintah pusat melalui kementerian koperasi kemudian bekerja sama dengan Bank BRI sebagai penyalur dana,” kata Kepala Bidang Perencanaan UMKM Arif Rahman.

Sementara Kepala Unit BRI Cabang Donggala yang hendak dikonfrimasi tidak bersedia, ia menyarankan wartawan menemui stafnya atas nama Mustari.

Mustari yang dikonfirmasi mengatakan belum mengetahui persis total jumlah penerima program BPUM ini karena masih dalam proses penyelesaian.

”Tahap pengajuan dari Perindakop, saya tidak tau tahap pertama dan kedua berapa jumlahnya masih proses, bisa juga dicek di link, tapi kami akan cek lagi, karena tahap pertama ada juga warga belum storkan berkasnya belum lakukan pencaiaran kita belum bisa pastikan jumlah penerima,” katanya.

Ditambahkannya pihak bank BRI akan mengcover semua warga yang menerima bantuan dana BPUM, karena jadwal pencairann telah dibuatkan.

“Kita akan layanai semua kok, selagi ada saldo pasti kita layani, warga bisa juga mengurusi pencairan di unit BRI lain, bisa di unit mana saja pencairannya, tetapi harus lengkapi dokumennya, ini kan program nasional belum ada informasi kapan terakhir pencairan. Tetap akan disalurkan semua,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas