Home Banggai

Curi Uang Kotak Amal Masjid, Tiga Anak Berurusan Hukum

31
ILUSTRASI - Pelaku Kejahatan. (Foto: Dok. Djunaedi)
  • Dua Telah Diamankan, Satu Pelaku Masih dalam Pencarian

Banggai, Metrosulawesi.id – Tiga anak di bawah umur yang tinggal di kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, terpaksa berurusan dengan pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Batui atau harus berurusan dengan hukum, karena kedapatan mencuri uang kotak amal Mesjid yang ada di Kecamatan Batui.

Kapolsek Batui  IPTU I Ketut Yoga Widata S.H, kepada wartawan Metrosulawesi, melalui telefon, Rabu 16 Desember 2020, mengatakan bahwa ketiga anak di bawah umur yang berinisial AL(18), AM(17) dan AR(15).

“Ketiganya diamankan Polisi setelah salah satu terduga pelaku yang berinisial AR, diamankan warga saat beraksi di sebuah Masjid yang berada di Desa Uso, Kecamatan Batui, pada Selasa 15 Desember 2020. Ketiganya masih dibawah umur,” ucapnya.

Yoga juga mengungkapkan bahwa, dari pengakauan para terduga pelaku sudah sering melakukan aksi pencurian uang di kotak amal Mesjid, dan dari keterangan pelaku AR yang diamankan warga itu, terungkap bahwa dirinya melakukan aksinya bersama dua teman lainaya, yakni AL dan AM.

“Dari keterangan AR bahwa dirinya beraksi bersama dua rekannya yakni AM dan AL. Ketiganya menaiki sepeda motor menuju Desa Uso dan berhenti disebuah bengkel dekat Masjid, dan pelaku AR berjalan kaki dan masuk ke dalam masjid, sementar dua temanya menunggu,” jelasnya.

“Saat AR mencungkil gembok kotal amal dengan menggunakan besi, tiba-tiba seorang warga muncul di dalam masjid dan langsung mengamankan pelaku. Sedangkan dua rekannya langsung melarikan diri.Pelaku mengakui bahwa sudah melancarkan aksinya di sejumlah masjid di wilayah Kecamatan Batui, sebanyak lima kali,” tambahnya.

IPTU I Ketut Yoga Widata, menegaskan bahwa, saat ini dua pelaku yang berinisial AR dan AM, sudah diamankan di Mapolsek Batui, sementara satu pelaku lainya yakni AL, masih dalam pencarian.

“Kami masih mencari satu pelaku lainya,” tutupnya.

Reporter: Djunaedi

Ayo tulis komentar cerdas