Home Sigi

Balai Nikah dan Manasik Haji Dibangun di 12 Kecamatan

22
SAMBUTAN - Kakanwil Kemenag Sulteng, H. Rusman Langke, saat menyampaikan sambutan usai resmikan KUA Kec Biromaru, belum lama ini. (Foto: Humas Kemenag Sulteng)

Sigi, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulteng, H. Rusman Langke, meresmikan gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kecamatan Biromaru, belum lama ini.

Menurut Rusman, pembangunan gedung tersebut merupakan salah satu program Kemenag melalui Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) untuk pembangunan Balai Nikah dan Manasik Haji. 

“Perlu diketahui bahwa Kemenag turut membantu Pemda Sulteng, pasca bencana gempa bumi dan likuefaksi di Kota Palu, Sigi, dan Donggala pada 2018, dalam hal pemulihan kembali fungsi gedung yang telah rusak, salah satunya gedung KUA di Kec. Biromaru yang telah diresmikan saat ini,” jelasnya. 

Kata Rusman, sebelumnya pelayanan KUA Kecamatan Biromaru dipindahkan selama dua tahun di desa Kalukubula. 

“Alhamdulillah, tahun 2020 Sulteng mendapatkan pembangunan melalui SBSN sebanyak 12 kecamatan, didalamnya termasuk Kab. Sigi yakni KUA Kec. Kulawi dan Biromaru,” ujarnya.

Rusman juga mengapresiasi, bahwa dari 12 KUA kecamatan yang dibangun tahun ini di Sulteng, KUA Kec. Biromaru Kab. Sigi ini adalah yang kedua diresmikan setelah KUA Kec. Lore Utara di Kab. Poso. 

“KUA sebagai garda terdepan kemenag dalam pelayanan terhadap masyarakat, dapat berkoordinasi dengan berbagai elemen masyarakat serta dapat menjaga kebersamaan, kearifan lokal, keramahan dengan semboyan nosarara nosabatutu, untuk memaksimalkan pelayanan pada masyarakat dalam pelayanan pernikahan dan haji,” katanya.

Kata Rusman, balai nikah dan manasik haji sebagai pelayanan publik, yang diharapkan dapat dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kab. Sigi, As’ad mengatakan, ada dua pembangunan gedung KUA, yaitu di Kulawi dan Biromaru telah sesuai target waktu penyelesaiannya, dan masih ada enam belas KUA Kecamatan di Sigi yang diharapkan dapat dibangun oleh SBSN.  Kegiatan ini dihadiri oleh, Kakankemenag Kab. Sigi, Ketua MUI Kab.  Sigi, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Kab. Sigi, Camat Biromaru, Polsek Biromaru, Danramil, para KUA se-Kab. Sigi, serta para tokoh agama dan masyarakat.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas