Home Palu

Pasien Covid RS Undata Masih Bertambah

27
RSUD Undata. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)

Palu, Metrosulawesi.id – Pasien terindikasi terpapar virus corona (covid-19) di RSUD Undata masih terus bertambah. Wakil Direktur RSUD Undata Bidang Pelayanan, dr Amsyar Praja, mengungkapkan rata-rata dalam sehari pasien covid bertambah satu sampai dua orang.

“Sekarang yang kami rawat ada 19 pasien, tapi belum semua terkonfirmasi positif covid, sebagian masih menunggu hasil swab. Semua kami tempatkan di ruang isolasi RSUD Undata,” ungkap Amsyar, Senin, 14 Desember 2020.

Dia menjelaskan sejumlah pasien yang dirujuk ke RSUD Undata datang dengan kondisi gejala indikasi terpapar covid. Dengan masih bertambahnya pasien corona, RSUD Undata disebut menambah jumlah dokter untuk membantu penanganan.

“Jadi kalau kondisi pasien butuh penanganan bedah, maka dokter bedah yang masuk,” ujar Amsyar.

Diketahui, jumlah kumulatif pasien covid-19 dalam perawatan saat ini berjumlah 846 orang di Sulteng per13 Desember 2020. Kabupaten Morowali dan Kota Palu masih tertinggi dalam penambahan pasien covid-19. Kabupaten Morowali dilaporkan 293 pasien dan Kota Palu tercatat 274 pasien.

Kemudian di Kabupaten Poso tercatat 92 pasien, di Banggai 50 pasien. Selanjutnya di Morowali Utara menangani 46 pasien, di Donggala 21 pasien, serta di Kabupaten Sigi merawat 13 pasien.

Data ini dipublikasikan Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng pada Minggu, 13 Desember. Tercatat kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Sulteng total menjadi 2.428 orang.  Sedangkan kasus sembuh bertambah 19  menjadi 1.496 orang dan kasus meninggal dunia akibat covid-19 dilaporkan nihil pada 13 Desember.

Diuraikan Pusdatina, tambahan pasien baru terinfeksi virus corona berasal dari Kabupaten Morowali enam orang dan Kota Palu sebanyak lima orang. Sedang sebaran pasien Covid-19 yang dinyatakan telah sembuh berasal dari Kota Palu 13 orang, Kabupaten Sigi tiga orang, Tojo Unauna dua orang serta Kabupaten Morowali tercatat satu orang.

“Kita tetap mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19,” tandas Amsyar.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas