Home Ekonomi

Hari Ini Digelar Pasar Murah

25
Richard Arnaldo. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Menjelang Natal 2020 dan tahun baru 2021 Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar pasar murah hari ini (15/12). Pasar murah bertempat di Lapangan Maesa, Kelurahan Lolu Selatan, Kecamatan Palu Selatan. 

Kadis Perindag Sulteng Richard Arnaldo yang ditemui kemarin (14/12) mengatakan pasar murah tetap digelar meski masih dalam kondisi Covid-19. Alasannya selain sudah menjadi agenda tahunan setiap hari besar agama, juga untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang akan merayakan natal dengan harga murah.

Dia memastikan pasar murah digelar dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes).

‘’Karena itu kami melibatkan instansi terkait dalam pengawasan prokes di lokasi pasar murah,’’ kata Richard.

Setiap stand diatur berjarak untuk mencegah kerumunan. Pengunjung juga diwajibkan menggunakan masker selama berada di lokasi pasar murah.

Richard mengatakan pihaknya pernah menggelar pasar murah dengan konsep mobile, dimana distributor mengunjungi warga yang akan membeli bahan pokok. Tetapi dengan cara mobile dinilai kurang efektif, dimana banyak warga yang tak dapat membeli bahan pokok dengan harga murah. Selain itu nilai transaksi juga kecil dibanding dengan membuat pasar murah.

Dia menyebutkan dari pengalaman yang ada transaksi pasar murah mencapai Rp300 juta sampai Rp400 juta selama dua hari.  Pasar murah melibatkan sejumlah distributor di Sulteng termasuk Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sulteng. Dinas Perindag dan BI Sulteng memberi subsidi pada harga sejumlah bahan pokok. Misalnya sesuai kebutuhan masyarakat menjelang natal ini adalah telur, terigu, dan gula. Pemerintah memberi subsidi pada bahan pokok itu sehingga masyarakat membeli dengan harga murah.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas