Home Hukum & Kriminal

Komentar di Facebook, Divonis 10 Bulan Penjara

30
Darmin Agustinus Sigilipu. (Foto: Dok Metrosulawesi)
  • Pencemaran Nama Baik Darmin Sigilipu

Poso, Metrosulawesi.id – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Poso menjatuhkan vonis 10 bulan penjara kepada terdakwa Novran Pakinde atas kasus pencemaran nama baik terhadap Darmin Sigilipu yang tak lain Bupati Poso.

Putusan itu dibacakan pada sidang terakhir yang digelar di PN Poso, Selasa (8/12/2020). Putusan ini lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Soedarmanto SH yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan tuntutan 1 tahun penjara.

Sebelumnya majelis hakim yang diketuai, Hakim Haryanta, Ketua PN Poso serta didampingi dua anggota majelis yakni Deni Lipu dan Muh. Syakrani, dalam amar putusan menilai, terdakwa terbukti bersalah melanggar Pasal 45 Pasal 3 Undang Undang RI Nomor 19 tahun 2016, tentang Perubahan Undang Undang Nomor 11 tahun 2008, tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Hasil itu didapatkan berdasarkan dari fakta hukum serta berbagai pertimbangan selama berlangsungnya persidangan. Atas putusan itu, Novran Pakinde mengatakan akan pikir-pikir selama 1 minggu ke depan. Sementara pihak JPU menyatakan menunggu sikap dari terdakwa.

“Kalau terdakwa menyatakan menerima putusan (vonis), maka kami akan langsung melakukan eksekusi,” ungkap JPU.

Reporter: Saiful Sulayapi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas