Home Donggala

Donggala Dapat Jatah 364 Guru P3K

41
Mahmud. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Pada tahun 2021, Kabupaten donggala akan mendapat jatah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 364 tenaga pengajar. Ratusan tenaga pengajar itu nantinya akan masuk dalam progran P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja).

“Berdasarkan hasil konsultasi di Makassar dan Kementerian Pendidikan kuota guru untuk Donggala 364,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Donggala, Mahmud, Kamis (10/12/2020).

“364 kuota guru itu akan diamsukan dalam program P3K, teknisnya kami belum tahu, pastinya 364 guru untuk TK, SD, dan SMP. Ini juga bagian dari program Kemendikbud, program sejuta guru namanya,” sebutnya.

Disinggung nasib guru dacil, Mahmud menjelaskan guru dacil kemungkinan besar tidak akan berlanjut di tahun 2021. Hal ini disebabkan karena pembiayaan atau gaji. Tapi katanya lagi jika sekolah mau, guru dacil bisa diperbantukan dengan menggunakan pembiyaan atau gaji dari dana bos.

“Kami di dinas mau sekali melanjutkan progran ini di tahun 2021 bahkan kami sudah masukkan lagi anggrannya 2,1 miliar untuk tahun 2021, untuk gaji mereka (dacil) sudah terpotong, di tahun ini dari 2,1 M menjadi 1 M lebih,” bebernya.

“Dari sisa dana 1 M lebih itu kemudian dibagi ke-175 guru dacil dikali 12 bulan kira-kira satu guru dacil menerima gaji Rp500 saja. Sekarang sudah ditandatangan pak kadis, pemindahan buku untuk gaji guru dacil tahun 2020, kalau bukan hari ini ditransfer ke rekening masing-masing besok itu pasti sudah,” jelasnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas