Home Palu

34 Dirawat, 5 Nakes Positif

42
CUCI TANGAN - dr. Herry Mulyadi saat cuci tangan sebelum memberikan hak suaranya. (Foto: Metrosulawesi/ Muh. Yusuf)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Direktur Rumah Sakit Umum Anutapura Palu, dr. Herry Mulyadi mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya merawat 34 pasien positif Covid-19.

“Sekarang ruang isolasi di Rumah Sakit Anutapura telah kami tambah. Sebelumnya hanya 24 ruang isolasi, sekarang sudah 34 ruang isolasi. Jadi data terakhir hingga tadi malam, kami merawat 34 orang pasie positif Covid-19 di ruang isolasi,” ungkap dr. Herry di sela-sela kegiatannya melakukan monitoring penerapan protokol kesehatan (prokes) di TPS 5, Kelurahan Tavanjuka, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, Rabu, 9 Desember 2020.

Herry mengungkapkan ruang VIP C Rumah Sakit Anutapura telah dijadikan sebagai ruang isolasi tambahan.

“Jadi kami tambah 10 tempat tidur untuk menjawab tantangan banyaknya peningkatan pandemi Covid-19 di Kota Palu,” jelasnya.

Herry mengungkapkan, ke depan, pihaknya akan menambah lagi ruang isolasi.

“Rencananya, kami sudah berdiskusi dengan Tim Medis, untuk menambah ruang isolasi,  yaitu di ruang kakatua. Ini tidak bisa tidak,  kita harus tambah ruangan,” katanya.

“Sumber daya manusianya juga kami telah siapkan, APD juga sudah kami atur sedemikian rupa. Karena kita khawatirkan dampak pilkada ini, melonjaknya pasien positif, hal ini  yang manjadi alasan kami untuk  menambah ruang isolasi,” jelasnya.

Herry mengungkapkan beberapa perawat di Kota Palu ini sudah dinyatakan positif Covid-19.

“Hampir 25 orang tenaga kesehatan (nakes) yang positif Covid-19. Di Anutapura, 5 orang tenaga kesehatan,  dan 1 orang dokter. Dan kelima orang ini tidak dirawat  di RS Anutapura, tetapi di Kantor Diklat,” katanya.

“Nakes itu tidak dirawat di Rumah Sakit Anutapura karena full. Jangan sampai ada yang mengatakan lain. Sedangkan dokter kami yang positif dirawat di RS Undata,”  katanya lagi.

Herry mengungkapkan, 34 orang positif tersebut terpapar Covid-19 dari berbagai macam kasus.

“Jadi sekarang itu seimbang atau fifty fifty. Ada yang terpapar dari riwayat perjalanannya, ada dari transmisi lokal,” katanya.

Reporter: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas