Home Palu

Diperpanjang, Penetapan UMK Akhir November

23
Arnold Firdaus. (Foto: Metrosulawesi/ Michael Simanjuntak)
  • Arnold: Morut Tetapkan Rp3,1 Juta

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Tengah diberi kebijakan perpanjangan masa penetapan UMK (upah minimum kabupaten/kota) tahun 2021 sampai akhir November mendatang. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulteng, Drs Arnold Firdaus MT, di Palu, Selasa, 24 November 2020.

“Urusan UMK kita harus fleksibel, tidak bisa terlalu kaku, karena UU Cipta Kerja juga masih baru disahkan,” ungkapnya.

Arnold mengatakan kabupaten/kota sebelumnya diberi waktu menetapkan UMK paling lambat 21 November. Namun sampai saat ini masih lebih banyak kabupaten, termasuk Kota Palu, belum menetapkan UMK.

“Kalau kota (Palu) hari ini (kemarin) baru melakukan rapat dewan pengupahan,” ujar Arnold.

Dia membeberkan kabupaten yang baru menetapkan UMK 2021 yaitu Donggala, Parigi Moutong (Parimo), Buol, Morowali, dan Morowali Utara (Morut). Kabupaten Morut menetapkan UMK yang cukup tinggi dari Rp2,7 juta tahun 2020 menjadi Rp3,1 juta pada 2021.

Kabupaten Morowali naik Rp100 ribu dari Rp2,7 juta tahun 2020 menjadi Rp2,8 juta pada 2021. Kabupaten Buol tidak naik dan tidak turun tetap diangka Rp2,5 juta sama seperti tahun 2020. Untuk Kabupaten Donggala dan Parimo nominal UMK masih menunggu persetujuan bupati di daerah itu.

“Morowali Utara luar biasa, kenaikan Rp400 ribu, karena memang ada surat resmi dari BPS (Badan Pusat Statistik) yang menyatakan layak naik,” ucap Arnold.

Dia menjelaskan khusus Kabupaten Sigi dan Tojo Unauna kemungkinan terbesar akan mengikuti UMP (upah minimum provinsi). Itu karena di dua kabupaten tersebut belum memiliki Dewan Pengupahan.

“Kabupaten lain sama sekali belum ada informasi, mungkin masih berproses, makanya kita kasih waktu,” jelas dia.

Arnold menambahkan pihaknya berharap kabupaten/kota bisa menuntaskan penetapan UMK sampai akhir November 2020. Hal ini telah disampaikan melalui surat ke pemerintah kabupaten/kota di Sulteng.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas