Home Pendidikan

Ponpes Madinatul Ilmi Siapo Asuh 500-an Santri

38
Pondok Pesantren (Ponpes) Madinatul Ilmi Desa Siapo, Kelurahan Tambun, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli. (Foto: Dok)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Berdiri sejak 10 tahun lalu, Pondok Pesantren (Ponpes) Madinatul Ilmi Desa Siapo, Kelurahan Tambun, Kecamatan Baolan, Kabupaten Tolitoli, kini sudah menampung 500-an santri.

“Ratusan santri ini terdiri dari semua jenjang pendidikan yang ada di ponpes ini,” kata Pimpinan Ponpes Madinatul Ilmi Desa Siapo, Abdul Waris SPdI melalui Salmin Ahmad, salah satu pengurus DDI di Tolitoli kepada Metrosulawesi, Sabtu pekan lalu.

Waris mengatakan, jenjang pendidikan yang ada di Ponpes Madinatul Ilmi Siapo ini mulai dari Madrasah Ibtidaiyah (MI), Tsanawiyah hingga Aliyah.

“Bahkan kami juga membuka kelas sore untuk tingkat MI,” katanya.

Selain madrasah, ponpes ini juga punya kelas hafiz Quran.

“Semuanya ditangani oleh guru-guru yang profesional di bidang ilmunya,” jelasnya.

Selama masa pandemi Covid-19 ini, Ponpes yang berdiri megah di Desa Siapo itu juga melaksanakan protokol kesehatan yang ketat. Mereka menyediakan tempat cuci tangan dan semuanya mengenakan masker.

Tidak hanya itu, untuk mencegah penulasan Covid-19 dari luar, para santri tidak diperkenankan keluar pondok. Kalaupun terpaksa harus dengan protokol kesehatan yang tetat. Demikian pula bagi pengunjung dari luar. Untuk sementara pengunjung yang ingin masuk ke dalam kompleks dibatasi dan diwajibkan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas