RAKOR - Forkompimda melaksanakan rapat koordinasi terkait penerapan disiplin protokol kesehatan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sigi. (Foto: Metrosulawesi/ Ariston Aporema Sorisi)

Sigi, Metrosulawesi.id – Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutama menegaskan pihaknya tidak akan mengeluarkan surat izin keramaian. Hal itu katanya adalah salah satu upaya pencegahan penularan Covid-19 di wilayah itu.

Hal itu disampaikan AKBP Yoga saat rapat koordinasi bersama forkompimda setempat terkait penerapan disiplin protokol kesehatan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Sigi.

“Kemarin ada surat masuk di Polres meminta izin untuk kegiatan zikir akbar yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini dengan jumlah 200 peserta. Namun saya tidak memberikan izin karena kita tidak mau ada klaster baru lagi dalam kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Ia mengatakan, tidak diberikannya izin keramaian sesuai Maklumat Kapolri, kami diperintahkan harus tegas, namun tetap humanis. Artinya kalaupun ada warga yang mengadakan hajatan atau kegiatan lainnya, kita juga harus bijak melihatnya dengan memberikan pemahaman.

“Saya sangat senang kalau ada kegiatan zikir akbar, namun dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, itu tidak mungkin dilakukan,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia berharap kegiatan-kegiatan yang menimbulkan keramaian agar tidak dilakukan.

“Bisa dilakukan namun secara daring saja. Semua institusi pemerintah saja sekarang kalau membuat kegiatan hanya melalui daring guna mencegah penularan Covid-19,” ucapnya.

Ia juga menegaskan akan memberikan perlakuan yang sama bagi yang ingin mengadakan kegiatan yang jumlah pesertanya lebih dari 50 orang.

“Bukan hanya kegiatan zikir, tapi semua akan kita tindak tegas,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut turut hadir, Pjs Bupati Sigi, Sisliandy, Sekkab Sigi, Kajari Donggala, Ketua Pengadilan Donggala serta anggota forkompimda lainnya.

Reporter: Ariston Aporema Sorisi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas