Home Sulteng

Usaha Kecil di Sulteng pun Terdampak Covid

25
Faridah Lamarauna. (Foto: Dok)
  • Bahas PEN, Pelaku UMKM Diajak Ikut Webinar

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah menggulirkan bantuan berupa Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Seperti bantuan presiden produktif usaha mikro, pembiayaan investasi untuk koperasi lewat Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), hingga subsidi bunga dan insentif pajak bagi pelaku UMKM.

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Dinas KIPS) Provinsi Sulteng akan membahas Manfaat Program PEN bagi UMKM melalui webinar. Webinar akan berlangsung melalui aplikasi zoom pada Selasa, 24 November 2020 mulai pukul 10.00 WITA.

Kepala Dinas KIPS Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna, menerangkan sebagai narasumber webinar, dihadirkan Eda Nur Ely, selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sulteng dan Budiman Jaya Ashari, selaku Ketua ABDSI Sulteng/Pembina UMKM Provinsi Sulteng.

“Keikutsertaan dalam webinar dapat dilakukan melalui https://us02web.zoom.us atau dapat juga melalui live Streaming Youtube melalui https://youtu.be/BZC1jQNhkl4,” terang Faridah, Ahad, 22 November 2020.

Dia mengajak masyarakat, khususnya para pelaku UMKM di Sulawesi Tengah untuk bergabung dengan webinar tersebut. Tujuannya agar mendapatkan gambaran mengenai kebijakan Pemerintah atas program tersebut. Selain itu, peserta webinar tentunya bisa menanyakan kepada narasumber jika ada hal-hal yang perlu mendapatkan penjelasan secara detail.

“Saya mengajak para pelaku dunia usaha UMKM untuk bergabung mengikuti webinar tersebut. Apalagi narasumbernya ibu Eda dan pak Budiman, secara tupoksi memang bersentuhan langsung dengan urusan UMKM,” ujar Faridah.

Menurutnya, tidak dapat dipungkiri bahwa dampak pandemi Covid-19 tidak hanya menyasar aspek kesehatan saja. Dampaknya juga ke seluruh aspek kehidupan masyarakat salah satunya kegiatan dunia usaha atau bisnis.

Itu karena tekanan kondisi ekonomi akibat pandemi Covid-19 bukan hanya dialami oleh pelaku usaha skala besar. Hal serupa juga ikut dialami para pelaku usaha mikro, kecil maupun menengah, tak terkecuali di Sulawesi Tengah.

Atas hal itu, pemerintah menggulirkan kebijakan program PEN untuk UMKM. Berbagai bantuan dalam program PEN tersebut diharapkan dapat ‘memperpanjang napas’ UMKM, serta meningkatkan kinerja UMKM yang pada gilirannya ikut mendorong perekonomian nasional.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas