Home Palu

Rektor IAIN Palu: Mahasiswa Bidikmisi Harus Berprestasi Akademik

29
BERI SAMBUTAN - Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd menyampaikan sambutan sekaligus materi dan menutup kegiatan pelatihan digital skill bagi mahasiswa program bidikmisi angkatan 2017, berlangsung di Sigi, Minggu, 22 November 2020. (Foto: Humas IAIN)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan, mahasiswa yang terdaftar dalam program bidikmisi harus memiliki keunggulan atau berprestasi secara akademik.

“Secara akademik, mahasiswa program bidikmisi harus berprestasi, harus unggul secara akademik,” ucap Prof Sagaf Pettalongi MPd, saat menyampaikan sambutan sekaligus materi pada Penutupan Pelatihan Digital Skill Bagi Mahasiswa Program Bidikmisi Angkatan 2017 di Kampus II IAIN Palu, Desa Pombewe, Kabupaten Sigi, Minggu, 22 November 2020.

Selain secara akademik memiliki keunggulan, Prof Sagaf mengatakan, mahasiswa program bidikmisi juga harus unggul secara moral, etika, dan karakter.

Karena itu, Ia menegaskan, dalam lingkungan kampus di setiap kegiatan akademik dan di luar kampus di tengah masyarakat luas, mahasiswa IAIN Palu utamanya yang terdaftar dalam program bidikmisi harus memperlihatkan etika yang baik. Hal itu menjadi tuntutan kepada mahasiswa program bidikmisi, karena mahasiswa tersebut diharapkan menjadi representatif dan simbol keunggulan lembaga IAIN Palu.

“Olehnya mahasiswa bidikmisi merupakan mahasiswa yang spesial, karena mereka disiapkan untuk masa depan. Tentu penyiapan itu diikutkan dengan langkah-langkah penguatan baik dari sisi akademik, keterampilan, moral/etika,” sebutnya.

Kata dia, hal itu juga sejalan dengan keinginan Kementerian Agama, dimana peguruan tinggi keagamaan Islam negeri (PTKIN) harus mencetak sarjana muslim yang berahlak mulia.

Di satu sisi, kata Prof Sagaf, juga sesuai dengan keinginan masyarakat atau orang tua para mahasiswa, yang menginginkan agar anaknya memiliki keunggulan dari sisi akademik dan budi pekerti yang baik.

“Rata-rata orang tua mahasiswa menyampaikan ke kami bahwa mereka memasukkan anaknya kuliah di IAIN agar anaknya bisa memiliki karakter yang baik, budi pekerti yang baik, ahlak yang baik,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata Prof Sagaf, mahasiswa program bidikmisi harus bersungguh-sungguh belajar, dan memanfaatkan kesempatan untuk menimba ilmu pengetahuan dan mengasah keterampilan yang diberikan lewat program bidikmisi.

“Ada banyak kegiatan bidikmisi, mulai dari pembinaan ahlak, pembinaan keterampilan, pembinaan intelektual secara akademik, ini harus diikuti secara seksama oleh mahasiswa. Agar mahasiswa memiliki keunggulan-keunggulan tersebut baik secara akademik dan non-akademik,” ungkap Prof Sagaf.

Reporter: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas