Home Palu

Imigrasi Masih Buka Layanan Eazy Passport

25
PELAYANAN - Petugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu saat pelayanan eazy passport kepada komunitas Majelis Ta’lim Raudlatul Jannah di jalan Kasutri Palu, Senin, 2 November 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu masih membuka layanan eazy passport sampai saat ini. Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu, Danil Rachman, mengungkapkan masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan tersebut disilakan mendaftar.

“Lalu memang sempat kami hentikan karena ada peningkatan penyebaran covid-19 di Sulawesi Tengah. Selain itu Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu memang ada keterbatasan anggaran,” ungkapnya, Jumat, 20 November 2020.

Atas hal tersebut, Danil mengatakan untuk saat ini layanan eazy passport diprioritaskan bagi masyarakat yang ada di Kota Palu. Namun demikian, apabila ada permohonan di luar Kota Palu akan dipertimbangkan.

“Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, salah satunya pembatasan aktivitas dalam pandemi saat ini,” ucap Danil.

Pertimbangan lainnya dikatakan Sulawesi Tengah sedang mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Tujuannya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan adanya oknum yang memanfaatkan layanan tersebut.

Danil menyampaikan layanan eazy passport yang terbaru dilaksanakan atas permohonan komunitas Majelis Ta’lim Raudlatul Jannah di jalan Kasutri Palu pada 2 November 2020. Program eazy passport sendiri bertujuan mendekatkan pelayanan keimigrasian kepada masyarakat.

“Eazy passport merupakan pelayanan penerbitan paspor yang dilaksanakan di luar kantor dengan cara mendatangi lokasi pemohon menggunakan mobile unit paspor Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI),” ucap Danil.

Adapun sasaran layanan eazy passport yakni komunitas seperti pegawai di perkantoran pemerintah/TNI/Polri/BUMN/BUMD/swasta, warga perumahan, dan komunitas atau organisasi lainnya. Dalam pelaksanaannya, program pelayanan eazy passport tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penyebaran covid-19.

“Petugas kami akan mendatangi lokasi dengan menjalankan protokol kesehatan. Ketika ada masyarakat yang mengajukan permohonan, maka kami minta mereka untuk mengikuti protokol kesehatan,” kata Danil.

Imigrasi Palu memberikan banyak kemudahan melalui eazy passport, antara lain kelompok masyarakat bisa mengajukan permohonan paspor secara kolektif untuk perkantoran, instansi pemerintah, kompleks perumahan, dan masyarakat umum. Peserta layanan eazy passport tersebut cukup mengajukan permohonan ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu dan mendaftarkan peserta secara kolektif. Kemudian disampaikan tanggal dan tempat pelaksanaan kegiatan, dimana bisa dilakukan pada hari/jam kerja maupun diluar hari/jam kerja sesuai dengan kesepakatan bersama. Namun demikian, saat ini layanan eazy passport hanya untuk jenis permohonan paspor baru dan penggantian paspor karena habis masa berlaku atau halaman penuh.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas