Home Palu

Pemohon Paspor Masih Sepi

9
Danil Rachman. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemohon paspor di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu masih sepi pasca pandemi virus corona (covid-19) merebak pada Maret lalu di daerah ini. Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Palu, Danil Rachman, menerangkan dalam sehari pihaknya menerima permohonan paspor 5 sampai 10 pemohon saja.

“Itupun tujuannya (pemohon paspor) untuk bekerja dan pendidikan,” terangnya, Jumat, 20 November 2020.

Danil mengatakan pemohon paspor untuk perjalanan umrah juga masih sepi sampai saat ini. Terlebih dengan beredarnya informasi bahwa ditutup kembali ibadah umrah oleh pemerintah Arab Saudi.

Layanan paspor di masa pandemi saat ini mengedepankan penerapan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Para pemohon paspor wajib memakai masker, pengukuran suhu tubuh, cuci tangan, menggunakan hand sanitizer, dan menjaga jarak.

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat untuk mencegah penyebaran covid-19,” ujar Danil.

Dalam membantu dan memudahkan pemohon paspor, Imigrasi Palu menyediakan layanan Apapo (Aplikasi Pendaftaran Paspor Online). Apapo disiapkan bagi masyarakat untuk mendapatkan antrean layanan paspor secara online.

Para pemohon cukup mendaftarkan diri melalui aplikasi sehingga tidak perlu ke Kantor Imigrasi. Kemudahan penggunaan layanan tersebut, katanya, pemohon cukup mendaftar, termasuk mengisi hari/tanggal dan waktu sesuai dengan kesempatan.

Selanjutnya, pemohon datang ke Kantor Imigrasi untuk melakukan tes wawancara dan foto/geometrik. Setelah dinyatakan memenuhi syarat administrasi, katanya, pemohon membayar biaya yang sudah ditetapkan pemerintah.

Pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Palu sudah mulai sepi sejak akhir Februari 2020 lalu pasca virus corona mulai merebak di Indonesia. Terlebih sejak Arab Saudi menyetop sementara jamaah umrah asal Indonesia saat itu. Itu karena pelayanan paspor di Kantor Imigrasi Palu paling banyak tujuan untuk umrah. Olehnya sejak penghentian sementara visa umrah oleh Arab Saudi, permohonan paspor turun cukup signifikan. Sebelum corona merebak, dalam sehari Kantor Imigrasi Palu melayani sedikitnya 60 sampai 70 permohonan paspor.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas