Home Parigi Moutong

BPBD Keruk Sungai Desa Suli dan Balinggi

11
I Nyoman Adi. (Foto: Ist)

Parimo, Metrosulawesi.id – Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong I Nyoman Ady mengungkapkan, bahwa pihaknya tengah melakukan pengerukan dua sungai di Kecamatan Balinggi, yakni Sungai Desa Suli dan Balinggi. Hal itu pihaknya lakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya banjir di wilayah tersebut.

“Kami menerjunkan alat berat excavator milik kami sendiri (BPBD),” ungkap I Nyoman Ady kepada Metrosulawesi melalui ponselnya, Kamis 19 November 2020.

Nyoman menerangkan, bahwa pengerukan dua sungai tersebut untuk mengantisipasi terjadinya luapan yang lebih besar. Sebab Sungai Suli dan Balinggi telah mengikis bagian jembatan penghubung jalur trans Sulawesi.

“Pengerukan sungai tersebut kami lakukan dikarenakan, beberapa bagian jembatan akibat hantaman banjir sudah anjlok. Dalam kegiatan itu diperkirakan menghabiskan anggaran sebanyak Rp50 juta di dua sungai tersebut. Dengan minimnya anggaran maka yang bisa dikerjakan hanya sebatas itu,” terang Nyoman.

Nyoman menambahkan, pihaknya tengah merilis seluruh kecamatan di Parigi Moutong agar perlu mewaspadai terjadinya banjir, sebab seluruh wilayah itu memiliki sungai yang dinilai sangat rawan.

“Untuk diketahui, bahwa 23 kecamatan di Parimo semua memiliki sungai, sehingga kami mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai terjadi banjir apabila masuk musim penghujan,” tutur  Nyoman.

Reporter: Zulfikar
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas