Home Palu

2021, SMKN 3 Palu Lanjutkan Link and Match dengan IDUKA

9
Triyono. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMK Negeri 3 Palu, Triyono, mengungkapkan, untuk meningkatkan kualitas angka kerja lulusan SMK, sekolah kejuruannya berkomitmen pada 2021 akan meningkatkan link and match dengan 104 Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

“Kami memiliki 104 mitra IDUKA, saat ini kita melakukan MoU baru dengan 12 IDUKA . Untuk itu Insyaallah ke depannya pada 2021 kami berkomitmen akan melanjutkan program link and match ini dengan 104 Iduka tersebut,” kata Triyono, di Palu, belum lama ini.

Menurut Triyono, link and match merupakan suatu hal yang wajib dilakukan untuk meminimalisir angka pengangguran bagi para lulusan SMK, mengingat saat ini menurut data BPS per Agustus 2020 angka pengangguran tercatat kurang lebih 13 persen.

“Untuk mewujudkan itu, saat ini kami bersama dengan mitra IDUKA berupaya dalam menyetarakan kurikulum, agar kurikulum yang digunakan di sekolah dapat setara dengan kebutuhan industri,” ungkapnya.

Olehnya itu kata Triyono, praktik pendekatannya di SMK adalah project dislearning atau  pembelajaran berbasis produksi.

“Bagaimana praktik-praktik yang ada di SMK hasilnya bernilai ekonomi, artinya hasil praktik siswa itu bernilai jual atau sesuai dengan kebutuhan pasar,” jelasnya.

“Sehingga nantinya kurikulumnya kita selaraskan, dan saprasnya kita tingkatkan, gurunya kita benahi kompetensinya. Hubungan dengan industri kita kuatkan, dukungan masyarakat juga harus dikuatkan, kami berharap peningkatan kualitas SDM itu bisa tercapai,” katanya.

Reporter: Moh. Fadel
Editor: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas