Home Donggala

11 Bulan Insentif Guru Dacil Belum Dibayar

8
Mahmud. (Foto: Metrosulawesi/ Tamsyir Ramli)

Donggala, Metrosulawesi.id – Sebanyak 175 guru daerah terpencil (Dacil) yang bertugas di 16 kecamatan di Kabupaten Donggala hampir setahun belum menerima insentifnya. Padahal tahun 2020 segera berakhir.

Kepala Dinas Pendidikan Donggala melalui Sekretaris, Mahmud yang dikonfirmasi Jumat 20 November 2020 membenarkan honor atau insentif guru dacil belum terbayarkan.

“Iya benar ada 175 orang guru Dacil belum terbayarkan dari Januari sampai sekarang. Honor dacil itu jika tahun sebelumnya 1 juta per bulan, karena sekarang Covid-19 ada pemotongan anggaran jadi honor menyesuaikan dengan kondisi yang ada,” katanya.

“Honor guru dacil SD/SMP itu masih dalam proses dan tetap kami akan bayarkan. Anggaran yang dipersiapakan untuk membayar insentif guru dacil itu 2 miliar,” sebutnya lagi.

Disinggung beberapa guru dacil yang telah meninggal dunia dan belum sempat menerima honornya, Mahmud menjawab jika guru dacil meningal sebelum menerima insentifnya pihaknya tetap membayar berdasrakan waktu meninggalnya guru tersebut.

“Guru dacil yang telah meninggal tetap kami bayar, tetapi tidak full, misalnya guru tersebut meninggalnya bulan Juni jadi yang kami bayarakan insenetifnya dari Januari sampai Juni saja, itu juga harus diperkuat dengan surat keteranagan kematian,” jelasnya.

Ditambahkannya guru dacil ini masuk dalam program Donggala Mengajar  dan budget yang disiapkan sebesar Rp2,1milar.

“Pasti kami bayarkan insentif dacil, sekarang masih proses,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas