Home Palu

Sejumlah Pemda Mulai Cicil Tunggakan Listrik

7
APEL SIAGA - Pasukan PDKB PLN UP3 Palu saat mengikuti Apel Siaga dan Gelar Peralatan dalam rangka Pilkada, Natal, dan Tahun Baru 2021 di Lapangan Faqih Rasyid, Rabu, 18 November 2020. (Foto: Metrosulawesi/ Muh. Yusuf)

Palu, Metrosulawesi.id – Manager PLN UP3 Palu, Muhammad Wardi hadi mengungkapkan, beberapa Pemerintah Daerah di Sulawesi Tengah mulai melakukan pencicilan tunggakan listriknya.

“Alhamdulillah beberapa Pemda sudah mulai melunasi tunggakan listriknya dengan cara mencicil. Saya mengucapkan terimakasih kepada Pemda Sigi, Pemkot Palu yang sudah ada cicilan melunasi tunggakan listriknya,” kata Wardi di Palu, Rabu, 18 November 2020.

Demikian juga, kata Wardi, untuk Pemda Donggala dan Pemda Parigi Moutong yang saat ini masih dalam beberapa waktu ke depan juga akan melakukan cicilan.

“Pemda Donggala dan Pemda Parimo saat ini kami dalam proses negosiasi, insyaallah bisa berjalan baik. Survei bersama juga telah selesai kami lakukan dengan Pemda Parigi Moutong dan Donggala, tinggal tanda tangan berita acara. Sebenarnya untuk semua Pemda tinggal penyelesaian saja,” katanya.

Karena saat ini jelang akhir tahun, Wardi berharap pelunasan tunggakan listrik oleh Pemda bisa dilakukan sesegera mungkin.

“Karena ini sudah akhir tahun, kami inginkan sih Pemda sudah bisa melakukan pelunasan, terutama bagi Pemda yang belum ada persetujuan atau kesepakatan untuk memenuhi cicilannya,” ungkapnya.

Untuk Pemkot Palu, Wardi mengungkapkan, telah melunasi cicilan selama tiga bulan.

“Jadi untuk Palu sudah agak berkurang tunggakan listriknya karena sudah melunasi tiga bulan, sekitar Rp10 miliar sudah dilunasi oleh Kota Palu,” ungkapnya.

Selain itu, Wardi juga mengapresiasi seluruh jajarannya yang telah siap melakukan pengamanan pasokan listrik selama pelaksanaan Pilkada, Natal, dan Tahun Baru 2021.

“Terimakasih dan rasa bangga saya untuk seluruh petugas Siaga PLN yang sudah meluangkan waktu dan tenaganya dalam 60 hari ke depan, baik dari sisi pembangkitan, transmisi, maupun dari sisi distribusi. Semoga dengan adanya pembentukan Tim Siaga PLN, pagelaran Pilkada, peringatan Natal dan Tahun Baru 2021 bisa berjalan kondusif, lancar, dan aman,” katanya.

Wardi mengungkapkan PLN UP3 Palu saat ini memiliki cadangan sebesar 65 megawatt, dengan beban puncak sekitar 151 megawatt.

“Kondisi sistem kelistrikan itulah yang akan melayani kabupaten-kabupaten dan Kota Palu,” katanya.

“Insyaallah dalam 60 hari ke depan PLN UP3 Palu akan berusaha maksimal agar tidak terjadi blackout atau pemadaman listrik selama masa siaga hingga tanggal 8 Januari 2021,” jelasnya.

Reporter: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas