Home Ekonomi

Koperasi Pemula Didorong Jadi Modern

7
Pelaksanaan bimtek pengelolaan keuangan berbasis IT bagi koperasi pemula di Hotel Citra Mulia, kemarin (19/11). (Foto: Metrosulawesi/ Syahril Hantono)

Palu, Metrosulawesi.id – Pemerintah terus menggalakkan pengelolaan koperasi saat ini lebih modern dengan mengikuti perkembangan teknologi digital. Salah aspek koperasi modern itu adalah dengan menggunakan IT dalam pengelolaan keuangan.

Karena itu pemerintah provinsi melalui Dinas Koperasi dan UMKM Sulteng menggelar bimbingan teknis pengelolaan keuangan berbasis IT bagi koperasi pemula, kemarin (19/11). Kegiatan tersebut sebagai upaya mendorong koperasi pemula di daerah ini menjadi lebih modern.

‘’Bimbingan teknis ini bertujuan antara lain untuk meningkatkan kapasitas koperasi pemula melalui manajemen keuangan berbasis IT serta mengenalkan berbagai konsep dan sistem yang mampu diterapkan dalam perubahan koperasi yang berbasis digital,’’ kata Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Sulteng, Muh Imran saat membuka kegiatan tersebut.

Dia mengatakan, situasi pandemi saat ini menjadi tantangan serta momentum bagi koperasi untuk mengubah cara kerjanya lebih efisien. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah mereformasi total koperasi melalui reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan koperasi menjadi era digital.

Pemerintah mengakui masih banyak kekurangan pada koperasi saat ini, khususnya terkait penataan dan pengelolaan keuangan koperasi. Karena itu diperlukan pembinaan manajemen koperasi secara menyeluruh, seperti bimbingan teknis pengelolaan keuangan berbasis IT bagi koperasi pemula.

‘’Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengurus koperasi dalam menata keuangan yang transparan dan akuntabel, yang dapat memberikan kepercayaan kepada seluruh anggota koperasi sehingga tujuan koperasi dapat dicapai sesuai keinginan seluruh anggota koperasi,’’ kata Imran.

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas