Home Hukum & Kriminal

Keluarga Bersikukuh Akan Pindahkan Makam Bojes, Anggota MIT yang Tewas Tertembak Aparat

9
PUSARA - Inilah makam dua terduga DPO Anggota MIT Poso, di Pemakaman Umum Poboya Palu. (Foto: Metrosulawesi/ Djunaedi)

Palu, Metrosulawesi.id – Keluarga mendiang (Alm) Wahid alias Aan alias Bojes, satu dari dua terduga DPO Anggota MIT, yang  tewas tertembak dalam pengejaran  aparat satgas Tinombala, bersikukuh akan tetap membawa jenazah Almarhum guna dimakamkan di kampung halaman di Desa Bolano Barat, Kecamatan Bolano, Kabupaten Parigi Mautong.

“Apapun yang terjadi pihak keluarga tetap menginginkan mayatnya dikuburkan di kampung,” kata Mahyun, paman dari Almarhum Bojes, yang saat itu datang bersama keluarga salah satunya Ibu kandung dari Alm Wahid alias Aan alias Bojes yakni Yuni,  di lokasi Pemakaman kelurahan Poboya Kamis (19/11/2020).

Mahyun menuturkan, pihak kepolisian sebelumnya telah menyampaikan bahwa jasad Bojes akan dimakamkan di Kota Palu, sebab masyarakat desa Bolano menolak. Namun kata dia, setelah pihak keluarga mengkonfirmasi warga Bolano, bahwa tidak ada penolakan dari warga.

“Bahkan dari kepala desa kami memberikan surat persetujuan untuk dimakamkan di desa Bolano,” Mahyun menampik.

Berdasar hal itu, pihak keluarga tidak menginginkan mayat almarhum Bojes dikubur di kota Palu. Bahkan dia berkata, walaupun sudah dikebumikan keluarga ngotot akan menggali kembali makam Bojes.

“Ada keluarga dari desa Bolano dan desa Ongka akan datang untuk mengali kuburnya dan membawa  jazadnya,” kata Mahyun.

Sementara ibunda alm Bojes, Yuni, berkeinginan mayat anaknya tetap dibawa ke kampung halamannya, di Desa Bolano Barat. Bahkan senada dengan iparnya, Mahyun, Yuni membantah informasi penolakan liang lahat alm Bojes dari warga satu desanya.

“Jadi kita akan tetap membawa jenazah Bojes, karena sebelumnya polisi sudah berjanji akan mengembalikan jenazah kepada kami (keluarga),” ujar  Yuni.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulteng, Kombes Pol Didik Supranoto membenarkan jenazah anggota DPO MIT, Wahid alias Aan alias Bojes dan Aziz Arifin alias Aziz telah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Poboya, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Kamis (19/11) sekitar pukul 02.00 dini hari.

Reporter: Faiz

Ayo tulis komentar cerdas