Home Sulteng

Januari 2021, Diskominfo Rakor PPID

9
PENYERAHAN - Kepala Seksi Reproduksi Informasi Nasional dan Produksi Informasi Pemerintah Daerah Diskominfo Sulteng, Obin, didampingi Kepala Seksi Penyediaan Konten dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik, Silvana M. Yanis, menyerahkan sejumlah buku yang berhubungan dengan Permenkominfo dan media sosial, Kamis, 19 November 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Kominfo, Persandian dan Statistik (Diskominfo) Provinsi Sulteng akan melaksanakan rapat koordinasi (rakor) sekaligus sosialisasi PPID (Pejabat Pengelola Informasi Daerah) di Banggai pada Januari 2021.

Hal ini terungkap saat pertemuan Kepala Seksi Reproduksi Informasi Nasional dan Produksi Informasi Pemerintah Daerah Diskominfo Sulteng, Obin, didampingi Kepala Seksi Penyediaan Konten dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik, Silvana M. Yanis, di kantor Diskominfo Banggai, Kamis, 19 November 2020.

“Rakor dan sosialisasi PPID oleh Diskominfo, Persandian dan Statistik Provinsi Sulteng berlangsung di Kabupaten Banggai,” ungkap Obin.

Dia menerangkan kunjungan yang dilakukan ke Diskominfo Banggai terkait penyerahan urusan PPID dan menanyakan kesiapan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Obin dan rombongan diterima oleh Kabid Hubungan Media dan Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Banggai, Ronal R. Putje, dan Kabid Pengelolaan Opini dan Aspirasi Publik, Bonny Firman Sambeta.

Menjawab pertanyaan dari Obin, Kabid Bonny Firman Sambeta menyatakan kesiapan untuk pelaksanaan SP4N LAPOR di tahun 2021 medatang serta kesiapan pelaksanaan urusan PPID di daerahnya.

Dalam pertemuan ini, sejumlah buku yang berhubungan dengan Permenkominfo dan media sosial diserahkan ke Diskominfo Banggai. Sebagaimana diberitakan, pengelolaan PPID resmi telah diserahkan kepada Diskominfo.

Serah terima dilakukan dari Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng kepada Diskominfo Provinsi Sulteng pada Kamis, 5 November 2020. Penyerahan PPID tersebut dirangkaikan Rakor PPID dan PPID Pembantu se-Sulteng yang berlangsung di Ampana, Kabupaten Tojo Unauna.

Kepala Diskominfo Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna, mengatakan penyerahan PPID ke Diskominfo merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. UU tersebut mengamanatkan urusan komunikasi dan informatika sebagai urusan konkuren yang bersifat wajib non-pelayanan dasar.

Adapun beberapa kegiatan yang sudah dilakukan Diskominfo yaitu melaksanakan workshop pengelolaan layanan informasi oleh PPID pada November 2019. Melaksanakan kegiatan evaluasi dan pembinaan PPID pada Mei sampai November 2020.

“Kegiatan itu bertujuan untuk melakukan pemetaan pengelolaan layanan informasi oleh PPID perangkat daerah,” ucap Faridah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas