Home Sulteng

Enam UMKM Dapat Penghargaan Siddhakarya

8
FOTO BERSAMA - Enam UMKM foto bersama usai menerima penghargaan Siddhakarya Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Palu, Kamis 19 November 2020. (Foto: Humas Pemprov Sulteng)

Palu, Metrosulawesi.id – Enam UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) menerima penghargaan Siddhakarya 2020 di ajang Penyerahan Penganugrahan Produktivitas Siddhakarya Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Palu, Kamis 19 November 2020.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulawesi Tengah, mengatakan, penganugerahan tersebut untuk mendorong gerakan peningkatan produktivitas di kalangan perusahaan. Penganugrahan prokdutivitas Siddhakarya diberikan oleh Kemenaker kepada perusahaan yang berperan dalam peningkatan prokduktivitas dan menciptakan lapangan pekerjaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keenam enam UMKM tersebut, yakni: Sofie Local Food dari Kota Palu, AA. Bakery dari Kota Palu, AZ-Zahra dari Kota Palu, Keripik Tiga dara dari Kab Donggala, Kripik Wahyu dari Kab Banggai, dan Ranggina Kacang 2 Bersaudara dari Kab. Morowali

Gubernur Sulteng Longki Djanggola dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plh. Sekdaprov Sulteng, Mulyono mengatakan, produktivitas adalah tenaga penggerak paling ampuh bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara dan pertumbuhan usaha pada tingkat perusahaan.

“Pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan usaha yang tumbuh dan berkembang dengan cepat adalah sumber penciptaan lapangan kerja dan sekaligus sumber peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat atau pekerja dan keluarganya,” katanya.

Keenam perusahaan yang memperoleh penghargaan produktivitas Siddhakarya berhasil meningkatkan produktivitasnya selama tiga tahun berturut-turut. Penghargaan ini adalah bentuk peduli Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Ketenagakerjaan untuk bersama-sama dunia usaha memacu peningkatan produktivitas dan daya saing bangsa dalam rangka penciptaan lapangan kerja dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Gubernur berharap semoga penerima anugrah Siddhakarya tahun ini bisa menginspirasi kepada UMKM-UMKM yang lain di Provinsi Sulawesi Tengah untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, kualitas dan proses produksi yang ramah lingkungan sehingga dapat diperoleh perusahaan-perusahaan yang dapat dijadikan role model dalam peningkatan produktivitas yang dapat bersaing dengan negara maju lainnya. (din/*)

Ayo tulis komentar cerdas