Home Palu

AKB untuk Masyarakat Hidup Sehat-Produktif

11
SAMBUTAN - Rektor Prof Mahfudz menyampaikan sambutan saat membuka pembekalan mahasiswa KKN Angkatan 92 Untad di Aula Fakultas Kedokteran pada Rabu, 18 November 2020. (Foto: Istimewa)
  • 655 Mahasiswa Untad KKN Angkatan 92

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 92. KKN 92 Untad mengusung tema adaptasi kebiasan baru (AKB) untuk masyarakat hidup sehat dan produktif.

Ketua Pusbang PM-KKN, Dr. Muh. Nawawi M.Si, mengungkapkan pembekalan mahasiswa KKN angkatan 92 berlangsung di Aula Fakultas Kedokteran Untad selama dua hari pada Rabu-Kamis, 18-19 November 2020.

“Kegiatan dibuka oleh Rektor Universitas Tadulako, bapak Prof. Dr. Ir. Mahfudz MP,” ucapnya.

Tercatat mahasiswa KKN kali ini sebanyak 655 orang dari berbagai fakultas di lingkungan Untad. Kuliah kerja nyata angkatan 92 akan berlangsung selama satu bulan berakhir 18 Desember mendatang. Program kerja yang akan dilaksanakan mengacu tema KKN yaitu AKB untuk masyarakat hidup sehat dan produktif.

Sebelumnya, Ketua LPPM Untad, Dr Muh Rusydi H M.Si, mengungkapkan program KKN tetap fokus peduli dampak covid-19. Dia menyebut program kerja mahasiswa KKN diarahkan untuk pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan, ekonomi, dan pendidikan. Mahasiswa melaksanakan KKN di tempat masing-masing sebagai pencegahan penyebaran covid-19.

“Kami melaksanakan sesuai protokol covid dimana pelaksanaan KKN di tempat masing-masing. Jadi tidak dimobilisasi ke tempat lain. Contohnya, kalau domisili Tondo, maka dia (mahasiswa) KKN di situ, sekitar tempat tinggalnya,” ujar Rusydi, Rabu, 11 November 2020.

Mahasiswa KKN dipastikan tetap mendapat bimbingan dari dosen yang telah ditentukan oleh Untad. Proses bimbingan dilakukan secara tatap muka dengan mendatangi mahasiswa KKN di tempat masing-masing.

KKN Untad peduli covid-19 sudah berlangsung sejak angkatan 90 pada April 2020. Pelepasan saat itu dilakukan oleh Rektor Universitas Tadulako melalui aplikasi Zoom meeting.

Pelaksanaan KKN angkatan 92 yang merupakan terakhir untuk tahun 2020 akan berlangsung selama satu bulan. KKN disebut tetap harus dilaksanakan karena salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan jenjang perguruan tinggi.

“KKN merupakan mata kuliah wajib, makanya tak bisa tertunda karena akan menghambat mahasiswa kalau tidak dilaksanakan,” pungkas Rusydi.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Muh. Yusuf

Ayo tulis komentar cerdas