Home Sulteng

Vaksin Aman, Masyarakat Sehat

10
Faridah Lamarauna. (Foto: Dok)
  • Kominfo Gandeng Dinas KIPS Sulteng Gelar Webinar

Palu, Metrosulawesi.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika, Persadian dan Statistik (KIPS) Provinsi Sulteng menyelenggarakan webinar yang akan berlangsug hari ini, Kamis, 19 November 2020.

Webinar diinisiasi oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) bekerjasama dengan Kominfo sebagai publikasi dan diseminasi informasi untuk mengedukasi masyarakat dalam penanganan Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulteng, dr Jumriani Yunus, dan Kepala Dinas KIPS Provinsi Sulteng, Faridah Lamarauna, didaulat sebagai narasumber utama. Faridah mengungkapkan Plt Kepala Dinkes akan memaparkan materi dengan tema vaksin aman, masyarakat sehat.

“Kalau materi saya dengan tema optimalisasi media sosial dalam memerangi hoaks,” ungkap Faridah, Rabu, 18 November 2020.

Dia mengatakan adapun sebagai peserta webinar yaitu para mahasiswa, organisasi masyarakat, dan ASN. Publikasi webinar masif dilakukan melalui media sosial yang bertujuan agar masyarakat luas dapat berpartisipasi. Itu karena dalam webinar tersebut masyarakat akan memperoleh informasi terkait kebijakan pemerintah tentang pemberian vaksin Covid-19.

“Materi vaksin Covid-19 tentunya sangat penting diketahui masyarakat karena sampai saat ini uji klinis tahap ke tiga masih sementara berjalan dan diestimasi awal tahun 2021 secara bertahap pemberian vaksin Covid-19 secara gratis dapat dilaksanakan,” ujarnya.

Sementara terkait penyampaian materi tentang hoaks menurut Faridah sangat penting disampaikan karena tidak dapat dipungkiri pandemi Covid-19 hanya dapat dihentikan melalui vaksin. Saat bersamaan, kecemasan masyarakat untuk menanti kapan vaksin tersebut dapat direalisasi dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menyebarkan hoaks.

“Masyarakat harus diberikan pemahaman tentang kebijakan Pemerintah dalam pemberian imunisasi Covid-19 dan pemahaman tentang bagaimana agar tidak mudah terhasut dengan berita-berita hoaks tentang calon vaksin Covid-19 yang sampai saat ini uji klinisnya masih berlangsung,” ucap Faridah.

Harapannya dengan penyampaian kedua materi dalam webinar masyarakat dapat mengetahui dan memahami kebijakan Pemerintah tentang vaksinasi dan menjadi garda terdepan untuk meluruskan berita-berita yang tidak benar atau hoaks yang beredar di media sosial. Faridah menambahkan Dinas KIPS Sulteng sendiri telah dan sedang melakukan beberapa program kerjasama dengan Kominfo RI terkait pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Saat ini, kolaborasi kegiatan dengan pihak Kementerian Kominfo yang sudah dilakukan adalah pemasangan billboard di 4 titik di Kota Palu dan Kabupaten Parigi Moutong, pertunjukan rakyat (Petundra), webinar yang membahas tentang vaksinasi covid-19 dan penulisan artikel di media sosial. Semua kegiatan tersebut ditargetkan dapat kami selesaikan di akhir November tahun ini, tetapi khusus kegiatan Petundra dan pemasangan billboard sudah selesai kami laksanakan,” tandas Faridah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas