Home Sulteng

Update Positif Covid-19 Sulteng Masih Tinggi

9
ILUSTRASI - Covid-19. (Foto: Ist/ pr)
  • Positif  51 Orang, 13 Sembuh, 2 Meninggal

Palu, Metrosulawesi.id Juru bicara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) untuk percepatan penanganan pendemik virus  Corona (Covid-19), Haris Kariming  memaparkan,  pada hari ini, Kamis 19 November 2020, ada penambahan 51 kasus positif virus Corona. Sehingga, total jumlah warga Sulteng terinfeksi virus Corona  menjadi 1.390.

Data pada Pusat Data Nasional (Pusdatina) Covid-19 Sulteng, yang di release juru bicaranya,  mengungkapkan  dari penambahan kasus baru itu, setidaknya ada dua wilayah  yang paling tinggi melaporkan angka kasus positif.

“Jika diperhatikan distribusi, maka dua wilayah tunjukan angka tinggi,” urai juru bicara Pusdatina Covid-19. Kamis (19/11/2020) sore.

Posisi pertama ditempati oleh Kota Palu dengan total 21 kasus positif baru dan  peringkat kedua diduduki Kabupaten Banggai  dengan penambahan kasus positif sebanyak 14 orang.

Selebihnya tersebar di enam kabupaten yang ada. Dua kabupaten yakni Kabupaten Parigi Moutong dan Morowali Utara, tercatat masing-masing empat pasien baru. Di Kabupaten Sigi tercatat tiga pasien baru, sedang dua kabupaten lainnya, Kabupaten Toli-Toli dan Morowali, tercatat masing-masing dua pasien. Serta Kabupaten Tojo Una-Una satu warganya terpapar virus Corona.

Mengutip laman sulday.com, Kamis (17/11/2020), Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Anwar Hafid, salah satu pasien tertular virus Corona. Mantan Bupati Moroeali dua periode ini, saat ini dikabarkan tengah menjalani perawatan di RSUD Morowali.

“Ia benar bapak Anwar Hafid positif Corona sejak kemarin. Untuk secara teknis saya belum ketahui secara detail, yang jelas sedang jalani perawatan di RSUD. Morowali,” ungkap Kadinkes Morowali Ashar Ma’ruf saat dihubungi via telepon pada Kamis (19/11/2020) sekitar pukul 17.10 WITA.

Menurutnya, Anwar Hafid terkonfirmasi positif Covid-19 sejak Rabu (18/11), sehingga nama pasien terdata pada laporan Update Pusdatina Covid-19 Sulteng pada tanggal Rabu kemarin.

Sumber: Pusdatina Covid-19 Sulteng.

Masih di hari yang sama, Pusdatina Covid-19 Sulteng juga, memaparkan penambahan pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh sebanyak 15 orang, Total warga Sulteng yang sudah bebas dari virus Corona hingga saat ini mencapai 908 orang.

Dari jumlah penambahan itu, tidak satupun data pasien sembuh Covid-19 berasal dari Kota Palu. Tiga wilayah yang melaporkan warganya yang sebelumnya terkonfirmasi positif dan kini dinyatakan sembuh, berasal dari Kabupaten Banggai Kepulauan sebanyak 13 orang. Sedang dua kabupaten, yaitu Kabupaten Sigi dan Morowali Utara, masing-masing satu pasien Covid-19 dinyatakan sembuh.

Sementara itu, kabar duka juga dipaparkan Pusdatina Covid-19 Sulteng, dimana dua warga Sulteng meninggal akibat Covid-19. Praktis ketambahan tersebut, secara keseluruhan warga Sulteng meninggal akibat Covid-19 kini berjumlah 54 orang. Dua warga yang tutup usia,  sebelumnya terpapar virus Corona, merupalan warga Kabupaten Poso dan Kabupaten Banggai.

Berdasarkan release Pusdatina Covid-19 Sulteng, jumlah komulatip pasien Covid-19 dalam perawatan saat ini berjumlah 428 pasien. Rinciannya, di Kota Palu tertinggi penanganan pasien Covid-19 yakni 138 pasien. Kemudian disusul  Kabupaten Norowali sebantak 105 pasien, selanjutnya Kabupaten Banggai berjumlah 59 pasien,

Di Kabupaten Morowali Utara tercatat 33 pasien, di Kabupaten Banggai Kepulauan sebanyak 29 pasien. Sementara dua wilayah bertetangga dengan Kota Palu, yakni Kabupaten Donggala dan Sigi, masing-masing menangani 17 pasien dan Sembilan pasien.

UPT Laboratorium Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng, per hari ini, Kamis (19/11/2020) hingga pukul 16.00 WITA, masih memproses 250 sampel. (*/is)

Ayo tulis komentar cerdas