Home Palu

PT CPM Perketat Prokes Covid

6
SIMULASI CORONA - Tim ERT PT Citra Palu Minerals diajarkan cara penanganan pasien yang terpapar virus corona sesuai SOP di kawasan pabrik CPM, Senin 20 April 2020. (Foto: Istimewa)

Palu, Metrosulawesi.id – Manajamen PT Citra Palu Minerals (PT CPM) memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) di lingkungan kantor. “Setiap tamu yang datang harus melalui pemeriksaan kesehatan. Salah satunya harus di-rapid tes dulu,” kata Humas PT CPM, Chandra kepada Metrosulawesi, Rabu 18 November 2020.

Chandra mengatakan, tidak hanya tamu, karyawan juga melakukan rapid test secara berkala di klinik yang ada di lingkungan perusahaan.

Sebelum pandemi Covid katanya, manajemen memang sudah menyiapkan satu klinik untuk pemeriksaan kesehatan rutin bagi karyawan. Di klinik itu dilengkapi seorang dokter dan beberapa tenaga medis lainnya.

“Pada masa pandemi seperti sekarang ini, peran klinik agak sedikit padat. Karena selain menjaga kesehatan karyawan, juga melakukan rapid test kepada setiap tamu yang datang ke kantor perusahaan,” kata Chandra.

Selain klinik, pihaknya juga sudah menyiapkan peralatan lainnya. Seperti: alat cuci tangan dan bilik semprot inspektan.

“Jadi setiap pengunjung yang datang harus cuci tangan dan bilik itu, kemudian dirapid test,” jelas Chandra.

Perusahaan yang mengelola tambang emas di Kelurahan Poboya, Palu Timur itu memang sejak Covid-19 merebak di Kota Palu juga sudah melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya menyerahkan bantuan APD (alat pelindung diri) ke sejumlah fasilitas kesehatan. Selain itu, juga melakukan simulasi evakuasi bagi pasien yang terkena Covid-19.

Simulasi yang digelar di kawasan pabrik CPM ini dimaksudkan untuk mempersiapkan kemampuan tim dalam penanganan kondisi darurat di area pabrik khususnya penanganan Covid-19.

Dalam simulasi ini tim ERT yang terlibat diajarkan cara penanganan pasien yang terpapar virus corona sesuai SOP. Seperti menggunakan alat pelindung diri (APD) yang lengkap, cara mengevakuasi korban hingga membawa korban ke rumah sakit.

Koordinator tim ERT PT. Citra Palu Minerals, Mohamad Basri mengatakan simulasi ini merupakan program CPM dalam meningkatkan kemampuan karyawannya ketika menghadapi kondisi darurat di area perusahaan khususnya menangani karyawan yang diduga terinfeksi Covid-19.

“Setiap minggu itu kami melakukan pelatihan dengan memberikan materi kepada tim ERT terkait penanganan emergency termasuk penanganan Covid-19,” kata Mohamad Basri di sela-sela simulasi.

Khusus penanganan Pasien Covid-19, CPM juga telah bekerja sama dengan dua rumah sakit di Kota Palu yaitu RSUD Undata Palu dan RS Bala Keselamatan.

“Kami telah bekerja sama dengan RSUD Undata dan RS BK Palu dalam menangani karyawan CPM jika terinfeksi Covid-19,” ucap Manager External CPM, Amran Amier.

Amran juga mengatakan selain simulasi penanganan covid-19, CPM sebelumnya telah menerapkan langkah-langkah pencegahan di area perusahaan seperti penyemprotan disinfektan bagi karyawan dan tamu maupun pemeriksaan suhu tubuh.

“Semua karyawan CPM yang balik dari daerah zona merah itu diisolasi mandiri selama empat belas hari,” tegas Amran.

Reporter: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas