Home Sigi

PMI Sigi Gelar Pelatihan Respon Bencana Bagi SIBAT

7
RESPON BENCANA - PMI Kabupaten Sigi, Sulawesi tengah, menggelar pelatihan respon bencana bagi SIBAT, di Sigi, Rabu (18/2020). (Foto: Ist)

Sigi, Metrosulawesi.id РPalang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, menggelar  pelatihan respon bencana bagi kelompok Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), dan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) kebencanaan Desa Sidera, Kecamatan Sigi Kota, Rabu, 18 November 2020.

Kegiatan dibuka kepala Markas PMI Provinsi Sulawesi Tengah, Sukri S.KM, beserta pengurus PMI Kabupaten Sigi dan Staff DRR PMI Pusat.

Sasaran kegiatan ini adalah kelompok SIBAT yang telah dibentuk sebelumnya oleh PMI a Kabupaten Sigi melalui dukungan IFRC Internasional Federation of Red Cross and Red Crescent Society (IFRC)

Kegiatan ini memberikan pembekalan terkait kesiapsiagaan bencana dan bagaimana merespon ketika terjadi bencana.

Kepala Markas PMI Provinsi Sulawesi Tengah, Sukri, mengatakan,  peran SIBAT sangat diperlukan dalam membantu respon bencana.

Menurut Sukri, SIBAT adalah garda depan dalam membantu tugas kemanusiaan PMI khususnya dalam upaya pengurangan risiko bencana.

“Saya berharap, setelah pelatihan ini SIBAT juga mempunyai kapasitas dalam merespon bencana, tentunya juga dalam penugasan berkoordinasi dengan Markas PMI Kabupaten Sigi, agar mengetahui langkah tepat dalam merespon bencana,” tutur Sukri.

Seluruh kegiatan ini dilaksanakan mengikuti protokol kesehatan Covid-19. (*)

Reporter: Ariston Aporema Sorisi

Ayo tulis komentar cerdas