Home Ekonomi

Disperdagin Palu Bantu Fasilitasi Produk IKM Lokal

11
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu, Syamsul Saifudin menunjukan produk IKM lokal yang kini sudah mulai dipasarkan di masyarakat. (Foto: Metrosulawesi/ Fikri Alihana)

Palu, Metrosulawesi.id – Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu dalam hal ini telah membantu memfasilitasi produk industri kecil menengah (IKM) lokal khususnya yang berbasis usaha rumahan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palu, Syamsul Saifudin usai ditemui Metrosulawesi di kantornya, Selasa (17/11/2020).

Ia menyebutkan produk yang menjadi perhatian adalah industri pembuatan sabun cair di Kelurahan Tipo, Kecamatan Ulujadi. Di mana dari sisi penggunaan juga sangat baik dan cukup ekonomis.

“Ukuran 280 mili liter dan harganya di pasaran bisa dibilang terjangkau sekitar Rp10 ribu per tiga bungkus. Makanya, terkait perizinan kami akan bantu agar usaha itu dapat terus berjalan,” sebutnya.

Demikian pula, kata dia, dengan label Kementrian Kesehatan yang dikeluarkan langsung oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Kota Palu sudah mendapatkan izin peredaran.

“Produksi sabun ini baru sekitar setahun. Alhamdulilah, bisa menarik sebagian perhatian konsumen di Kota Palu,” katanya.

Pihaknya menyarankan kepada pemilik industri itu untuk mengganti nama produk dengan bahasa lokal. Sehingga, dapat mendorong pembangunan di daerah khususnya di Kota Palu.

“Artinya, kita mengajak mereka untuk ikut membangun daerah hingga dapat bersaing dengan produk lain,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas